Simpanan pelajar di Kepri Rp13,45 miliar

id Simpel, simpanan pelajar, ojk, ojk kepri, kepri

Simpanan pelajar di Kepri Rp13,45 miliar

Kepala OJK Kepri Iwan M Ridwan (Naim)

Batam (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan mencatat simpanan pelajar di Provinsi Kepulauan Riau mencapai Rp13,45 miliar hingga Maret 2019.

Kepala OJK Kepri, Iwan M Ridwan di Batam, Sabtu, menyatakan bahwa jumlah rekening simpel di Kepri mencapai 20.304 rekening yang tersebar di 1.871 sekolah di penjuru Kepri.

Simpanan pelajar (Simpel) merupakan tabungan untuk siswa atau anak-anak yang berusia di bawah 17 tahun yang diterbitkan oleh bank-bank di Indonesia.

"Nilainya memang tidak besar, tapi tujuannya adalah untuk mengedukasi masyarakat sejak dini. Jangan sampai memulai menabung saat di perguruan tinggi," kata dia.

OJK terus mendorong agar semakin banyak siswa yang menabung di bank dengan gencar melakukan edukasi dan sosialisasi karena tujuannya untuk mendorong semakin banyak warga yang menabung di bank, sehingga persyaratan membuka rekening simpel relatif mudah.

"Setoran awal Rp1.000 untuk yang syariah dan Rp5.000 untuk yang umum," kata dia.

Selain Simpel, OJK juga terus berupaya meningkatkan akselerasi keuangan daerah, mendorong perekonomian demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat, melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah.

"TPKAD Kepri sampai dengan triwulan I 2019 melakukan beberapa kegiatan seperti mendorong pertumbuhan kredit usaha mikto dan kredit ultra mikro serta peningkatan Laku Pandai oleh perbankan," kata dia.

OJK mencatat, hingga dengan Maret 2019, KUR yang disalurkan sebanyak Rp201 miliar dengan jumlah debitur sebanyak 5.133 orang. Sedangkan kredit ultra mikro belum ada di Kepri.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE