Caleg terpilih Tanjungpinang gelar diklat tingkatkan kinerja

id Caleg, terpilih,DPRD Tanjungpinang, ikut, diklat, setelah, dilantik

Caleg terpilih Tanjungpinang gelar diklat tingkatkan kinerja

Ilustrasi--Anggota DPRD Kalteng periode 2019-2024 mengucapkan sumpah/janji jabatan di ruang rapat paripurna DPRD Kalteng, Rabu (28/8/2019). ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Tanjungpinang (ANTARA) - Sebanyak 30 calon anggota legislatif terpilih untuk DPRD Kota Tanjungpinang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kinerja mereka.

Caleg terpilih DPRD Tanjungpinang Surya Admaja, di Tanjungpinang, Jumat, mengatakan, pendidikan dan pelatihan peningkatan kualitas anggota legislatif dilaksanakan di Batam setelah sah menjabat sebagai anggota DPRD Tanjungpinang.

"Pelantikan anggota DPRD Tanjungpinang dilaksanakan pada Senin pekan depan," ujarnya, yang baru pertama menjabat sebagai anggota legislatif dari Partai Gerindra.

Wacana diklat untuk anggota DPRD Tanjungpinang mengemuka sejak beberapa bulan lalu ketika diketahui 16 dari 30 anggota legislatif merupakan wajah baru.

"Diklat juga untuk menyamakan persepsi, dan meningkatkan sinergitas, selain memperkuat fungsi lembaga," kata Wakil Ketua DPRD Tanjungpinang Ade Angga, yang kembali terpilih pada periode 2019-2024.

Ketua KPU Tanjungpinang Aswin Nasution, mengatakan 16 dari 30 caleg terpilih merupakan wajah baru. Mereka berasal dari 12 partai.

Sebanyak 11 politisi perempuan diperkirakan duduk sebagai anggota legislatif berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019.

"Jumlah caleg perempuan pada Pemilu 2019 di ibu kota Kepulauan Riau melebihi 30 persen keterwakilan perempuan," ucapnya.

Belasan politisi perempuan yang diperkirakan duduk di DPRD Tanjungpinang sebagian merupakan wajah baru.

Sebanyak 11 politisi perempuan itu yakni Yunarni Pustoko Weni dan Sri Artha Sihombing dari PDIP, Mimmy Betty dari Golkar, Ria Ukur Rindu Tondang dari Partai NasDem, Maiyanti dari Partai Gerindra, Ismiati dari PKS, Rina Febriani dari Partai Demokrat, Reni dari Partai Hanura, Rika Adrian dari PAN, Rosiani dari PPP, dan Rini Pratiwi dari PKB.

Politisi yang bertahan duduk di DPRD Tanjungpinang yakni Mimmy Betty, Maiyanti, Ismiati, Rika Adrian dan Reni, sedangkan Yunarni Pustoko Weni merupakan mantan anggota DPRD Kepri. Sisanya merupakan wajah baru dari berbagai profesi atau pekerjaan yang akan duduk di DPRD Tanjungpinang.

"Wajah politisi perempuan ada dari 10 partai yang berhasil memperoleh kursi di DPRD Tanjungpinang," ucapnya.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE