Batam targetkan 255.000 kunjungan wisman dalam Great Sale

id Batam great sale, wisman batam

Batam targetkan 255.000 kunjungan wisman dalam Great Sale

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata (ANTARA/Naim)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menargetkan 255.000 orang wisatawan mancanegara mengunjungi daerah setempat sepanjang pelaksanaan program Batam Great Sale pada Oktober 2019.

"Target kami kunjungan wisman meningkat 70 persen, dari rata-rata kunjungan per bulan sebanyak 150.000 wisman," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, Jumat.

Rencananya, Batam Great Sale digelar sepanjang Oktober 2019 dengan melibatkan 20 pelaku usaha di 9 pusat perbelanjaan di Kota Batam.

Pemkot mengajak pelaku usaha di mal untuk memberikan potongan harga hingga 70 persen dalam program itu, demi memancing wisman untuk datang ke Batam.

Ardi optimistis program itu akan diminati wisman untuk datang ke Batam.

Pihaknya bersama Kementerian Pariwisata sudah sejak beberapa bulan lalu melakukan promosi kegiatan itu di Singapura.

"Di singapura sudah promo sejak 2 hingga 3 bulan lalu," kata dia.

Selain itu, Batam Great Sale juga dibalut bersama program Kementerian Pariwisata, Hot Deals yang mana  pelancong asing mendapatkan potongan harga paket liburan ke Batam, termasuk biaya untuk kapal Singapura-Batam pulang dan pergi.

Dalam kesempatan itu, ia juga optimistis, harga yang ditampilkan pelaku usaha adalah benar-benar potongan harga. Bukan tipu-tipu, seperti yang selama ini dikeluhkan wisman, harga dinaikkan lebih dulu, baru didiskon," kata dia.

"Itu sudah jadi opini umum. Kami sudah mengontrol, karena sistem itu tidak populer dilakukan lagi. Wisman dan masyarakat tahu harga," kata dia.

Rencananya, Batam Great Sale akan digekar setiap tahun di Bulan Oktober.

Pemerintah dan pelaku usaha sepakat menggelar Batam Great Sale pada Oktober, karena itu adalah musim rendah kunjungan, sehingga diharapkan dapat mendorong kedatangan wisman ke Batam.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar