Sampah menumpuk di pemukiman pesisir Tanjungpinang

id Sampah, menumpuk, Tanjungpinang

Sampah menumpuk di pemukiman pesisir Tanjungpinang

Sampah menumpuk di perairan Pelantar Nusantara Tanjungpinang. (Foto : Nikolas Panama).

Tanjungpinang (ANTARA) - Sampah berbau busuk menumpuk di sejumlah perumahan warga pesisir di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri).

Anggota DPRD Kepri daerah pemilihan Tanjungpinang, Bobby Jayanto di Tanjungpinang, Minggu, mengatakan, permasalahan sampah di pemukiman padat penduduk, salah satunya di Jalan Pelantar Nusantara I kawasan Potong Lembu, belum terselesaikan.

Beraneka ragam sampah tersebut terapung di lokasi yang berada di kawasan strategis.

"Bau dan mengganggu mata. Ini pemandangan yang buruk," kata Bobby, yang juga Ketua Komisi I DPRD Kepri.

Tokoh etnis Tionghoa itu mengatakan sebagian sampah yang menumpuk di perairan itu bersumber dari kiriman dari berbagai tempat. Sebagian lagi merupakan sampah rumah tangga.

"Kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya masih rendah. Padahal mereka tahu, laut bukan tong sampah," singgungnya.

Bobby mengemukakan pemerintah dan masyarakat Tanjungpinang akan merasa malu jika pemandangan buruk itu diketahui masyarakat daerah lainnya. Apalagi Tanjungpinang setiap tahun mendapatkan Piagam Adipura.

Ia berharap pemerintah daerah segera menangani persoalan itu. Dinas terkait harus memiliki konsep agar perairan di Tanjungpinang bersih.

"Harus dicari solusinya jangka pendek agar perairan itu bersih, tidak menjadi sumber penyakit. Dan masyarakat pun harus membuang sampah pada tempatnya," lanjutnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE