Basarnas Natuna evakuasi ABK MT. Mapan Kanpikopn karena sakit

id natuna, sar, basarnas, kkp natuna, maran capricorn

Basarnas Natuna evakuasi ABK MT. Mapan Kanpikopn karena sakit

Tim Basarna saat sampai tengah laut Natuna untuk evakuasi seorang WNA yang sedang sakit di kapal tanker berbendera Yunani, Selasa (25/2). Foto ANTARA/SAR Natuna.

Natuna (ANTARA) - Seorang anak buah kapal tanker berbendera Yunani, Mapan  Kanpikopn berkewarganegaraan Philipina yang mendadak sakit di tengah laut  berhasil diselamatkan Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna.

Berdasarkan info awal Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna dari email BCC pada 24 Februari 2020 sekitar pukul 16.33 WIB, dan meminta izin Operasi SAR Kondisi Membahayakan Manusia (KMM) kepada 1 (satu) orang ABK Kapal MT. Mapan Kanpikopn berbendera Yunani meminta medivac kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna, Mexianus Bekabel ketika mengadakan apel darurat pertolongan kemanusiaan di KN Sasikirana, Selasa (25/2) pagi.

Lebih lanjut Mexianus mengatakan, lokasi kejadian    berdasarkan laporan dari email BCC  posisi kapal berada di Barat Laut Kepulauan Natuna, perkiraan LKP 04 ,53.0 N 106 36.0 E dengan titik penjemputan evakuasi di posisi 03 ,59.4 N 108 30.04 E.

Dari KPP Natuna 40°, jarak Lurus 9,7 NM dari KP&P Natuna dengan estimasi waktu tempuh
 ± 1 jam dari KP&P Natuna.

"Adapun jumlah korban seorang laki-laki atas nama Froilan (35) Warga Negara Pilipina. Kapal tersebut  dari Kuwait  ke Vietnam", ungkap Mexi.

Mexi menambahkan, dengan laporan tersebut KPP Natuna berkordinasi dengan BCC, Dinkes Natuna, RSUD Natuna, Imigrasi Natuna, BMKG Natuna, dan pihak kapal Mapan Kanpikopn serta KPP Natuna telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, TNI AL Ranai dan Dishubla Natuna.

"Koordinasi ke pihak kapal MT. Mapan Kanpikopn, lokasi aman untuk lokasi alternatif penjemputan pada posisi 03°59.4' N - 108°30.4' E , dan sudah di setujui melalui komunikasi email pada pukul  21.55 Wib pada saat melakukan kordinasi ke pihak Karantina Pelabuhan dan Syahbandar Ranai", ucap Mexi.

KN Sasikirana bergerak melakukan evakuasi korban bergerak dari Pelabuhan Perhubungan Penagi, Natuna sekitar pukul 04:50 Wib menuju titik koordinat kapal dan berjalan lancar dengan menggunakan keranjang melalui pungsi crane dari MT. Maran Capricorn ke KN Sasi Kirana.

Tim medis dari Karantina Pelabuhan Tanjungpinang yang dipimpin Khairul mengidentifikasi korban dalam kondisi aman dan tidak terpapar penyakit menular seperti yang lagi viral saat ini berupa virus Corona (Covid-19).

"Korban langsung dilarikan ke IGD RSUD Natuna dengan menggunakan ambulance milik RSUD Natuna untuk dilakukan penanganan kesehatan lebih lanjut", tutup Mexi.

Dalam operasi kemanusiaan tersebut, Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna Mexianus dengan menggunakan KN Sasikirana didampingi langsung oleh Kadis Perhubungan Natuna, Iskandar Dj, Kasat Polairud Natuna, AKP Zulkarnain dan 2 (dua) orang dari Medis Karantina Pelabuhan Tanjungpinang serta  10 orang ABK, 8 Rescuer, dan 4 orang dari Lanal Ranai serta 2 orang tim medis.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar