Kepri fokus lirik wisatawan domestik dampak virus corona

id Dampak corona

Kepri fokus lirik wisatawan domestik dampak virus corona

Danau Biru, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau yang banyak dikunjungi wisatawan domestik. ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Komite Tetap Industri MICE, Pemasaran, Promosi dan Perhotelan Kadin Kepri Sapril Sembiring menyebutkan upaya paling relevan menghadapi penurunan usaha pariwisata sebagai dampak dari virus corona adalah dengan fokus menggaet pasar wisatawan domestik.

Menurut Sapril, di Tanjungpinang, Rabu, Kepulauan Riau selama ini tergantung dengan Tiongkok dan Singapura sebagai negara penyumbang kunjungan wisatawan terbesar.

Namun, kata dia, saat ini, Pemerintah Tiongkok mengeluarkan larangan warganya ke luar negeri. Demikian juga Singapura yang mengurangi warganya untuk bepergian ke luar negeri.

Baca juga: Pemkot Batam agendakan senam rutin tangkal virus corona

"Akibat dampak Covid-19 ini, sulit untuk mendatangkan wisatawan asing. Maka yang paling relevan adalah menggarap pasar domestik," kata Sapril.

Kadin Kepri, menurut Sapril, akan menggandeng semua pihak, mulai dari agen perjalanan, resor, serta pemerintah daerah untuk membuat promosi dan menggelar kegiatan bersifat yang mampu mendatangkan wisatawan dalam jumlah besar.

Baca juga: Jumlah penumpang kapal Malaysia-Batam menurun karena virus Corona

"Selain ajang yang memang sudah dirancang pemerintah daerah melalui APBD, harus dibuat kegiatan lain yang harus dipromosikan ke banyak pihak," jelasnya.

Salah satunya adalah turnamen golf dan membuat paket wisata pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran (MICE).

"Di Kepri ada 11 lapangan golf representatif, " sebut Sapril.

Selain itu, pejabat daerah diharapkan juga dapat menggaungkan Kepri adalah provinsi yang aman dan nyaman, terutama bebas dari Covid-19.

Baca juga: ABK World Dream dijemput di Selat Durian, 26 Februari
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar