Karimun zona hijau COVID-19

id karimun zona hijau,covid-19

Karimun zona hijau COVID-19

Bupati Karimun Aunur Rafiq (ANTARA/Rusdianto)

Tanjung Balai Karimun (ANTARA) - Wilayah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau yang sebelumnya yang sebelumnya masuk zona kuning COVID-19, kini turun menjadi zona hijau.

"Alhamdulillah, pemerintah pusat menetapkan Karimun sebagai zona hijau COVID-19 setelah melihat perkembangan pandemi COVID-19 yang terus mengalami penurunan," kata Bupati Karimun Aunur Rafiq di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Aunur Rafiq mengatakan, penurunan status pandemi COVID-19 itu didasari pemetaan kondisi epidemiologi, baik jumlah pasien positif, pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) yang terus menurun dalam kurun 14 hari terakhir.

"Dan sejak 30 Mei, kita sudah masuk zona hijau," kata dia.

Namun demikian, Aunur Rafiq tetap meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada dan mematuhi imbauan pemerintah untuk mencegah munculnya kasus COVID-19 baru.

"Jangan euforia berlebihan, meski zona hijau, kita harus mengikuti protokoler kesehatan, gunakan masker, cuci tangan dan physical distancing atau jaga jarak," katanya.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Karimun, jumlah ODP tercatat 281 orang, namun seluruhnya telah selesai proses pemantauan, jumlah PDP 26 orang, namun yang masih dalam proses pengawasan di rumah sakit tinggal 2 orang.

Jumlah PDP yang meninggal sebanyak 3 orang namun semuanya negatif berdasarkan tes PCR.

Sedangkan pasien positif COVID-19 sebanyak 5 orang, dan semuanya sudah dinyatakan sembuh.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE