Pedagang Pasar Fanindo Batam positif COVID-19

id perkembangan covid batam,pedagang fanindo positif covid,pedagang pasar fanindo positif covid,pasar fanindo batam

Pedagang Pasar Fanindo Batam positif COVID-19

Seorang pedagang menjalani pemeriksaan tes cepat COVID-19 di Pasar Tos 3000 Batam, beberapa waktu lalu. (Naim)

Batam (ANTARA) - Sebanyak dua orang pedagang di Pasar Fanindo, Kota Batam, Kepulauan Riau, dinyatakan positif COVID-19 sehingga total warga terpapar sampai saat ini sudah mencapai 254 orang, namun 218 di antaranya telah sembuh.

"Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab tim analis BTKLPP Batam," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam Muhammad Rudi, Sabtu.

Ia menjelaskan seorang pedagang jus dan pedagang sayur berusia 43 tahun dan 47 tahun dinyatakan positif COVID-19 dari hasil penyisiran Gugus Tugas Puskesmias Tanjung Uncang, yang melakukan tes cepat COVID-19 terhadap pedagang di Pasar Fanindo Batuaji, Kamis (9/7).

Hasil tes cepat terhadap keduanya, reaktif. Karenanya, tim kemudian mengevakuasi dua pedagang itu ke RS Khusus Infeksi COVID-19 Galang, guna menjalani karantina dan pemeriksaan swab tenggorokan, yang hasilnya hari diketahui ini positif.

Berdasarkan catatan Gugus Tugas, kondisi keduanya stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti.

Dalam kesempatan itu, pria yang juga Wali Kota Batam ini mengatakan sesuai penyelidikan epidemiologi terhadap seluruh klaster terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Batam, disimpulkan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus baru.

"Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan imbauan pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit COVID-19," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat setempat agar mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap di rumah dan mengenakan masker jika terpaksa keluar rumah.

"Serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE