Sudah 289 orang di Batam positif COVID-19

id perkembangan covid di batam, sekeluarga polisi posotif covid di batam

Sudah 289 orang di Batam positif COVID-19

Sosialisasi COVID-19 di Kota Batam Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu. (Naim)

Batam (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Batam, Kepulauan Riau, mencatat tambahan enam orang terpapar virus corona jenis baru, sehingga total menjadi 289 orang.

Dalam keterangan pers tertulis yang diterima di Batam, Rabu (29/7) disebutkan enam orang positif COVID-19  itu adalah pekerja swasta, dua orang ibu rumah tangga, pegawai harian lepas Polresta Barelang dan anggota Polri beserta anaknya.

"Seorang laki-laki usia 47 tahun, swasta, merupakan kasus baru COVID-19 nomor 284 Kota Batam," kata Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Batam Muhammad Rudi.

Ia menyatakan pasien itu berobat ke IGD RSUD Embung Fatimah Batam dengan keluhan demam sejak 10 hari yang lalu. Pada malam hari pasien itu berkeringat dingin dan menggigil.

Dokter lalu melakukan pemeriksaan secara intensif berupa pemeriksaan laboratorium secara lengkap dan tes cepat COVID-19 yang hasilnya nonreaktif, rontgen thorax serta swab tenggorokan yang hasilnya diketahui positif.

Kemudian terkonfirmasi positif Nomer 285 adalah ibu rumah tangga berusia 48 tahun yang memeriksakan diri ke Puskesmas Sungai Pancur dengan keluhan demam dan batuk sejak beberapa hari sebelumnya.

Sesuai dengan keluhannya tersebut, dokter melakukan pemeriksaan RDT yang hasilnya IgG-IgM reaktif. Kemudian dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya positif.

Ibu rumah tangga berusia 60 tahun itu dinyatakan sebagai terkonfirmasi positif Nomer 286.

"Yang bersangkutan merupakan warga Kota Medan yang berkunjung ke rumah saudaranya di Batam, dan memeriksanakan RDT secara mandiri untuk keperluan pulang ke daerahnya menggunakan pesawat dengan hasil IgG,IgM reaktif," kata Rudi.

Karena mengeluhkan batuk kering, yang bersangkutan memeriksakan diri ke RSBP Batam, dan diperiksa secara insentif dan lengkap, termasuk swab tenggorokan yang hasilnya positif.

Kemudian terkonfirmasi positif Nomer 287 adalah lelaki 23 tahun, pegawai harian lepas Polresta Barelang.

Yang bersangkutan menjalani pemeriksaan swab tenggorokan, sehubungan dengan kontak erat dengan terkonfirmasi Nomer 283.

Begitu pula dengan terkonfirmasi positif 288 dan 289, yang menjalani swab tenggorokan terkait penelusuran kontak erat terkonformasi kasus 283.

Terkonfirmasi positif 288 dan 289 adalah perempuan 49 tahun, anggota Polri, istri dari kasus Nomer 283 dan pelajar 15 tahun, anak dari terkonfirmasi positif Nomer 283.

"Kondisi semuanya relatif stabil tanpa gangguan kesehatan yang berarti dan dirawat di rumah sakit rujukan di Batam," katanya.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar