Batam miliki terumbu karang langka

id pulau abang batam, blue coral batam, destinasi wisata bawah laut batam, destinasi wisata pulau abang batam, snorkelling

Batam miliki terumbu karang langka

Pengelola destinasi wisata di Pulau Abang menjelaskan terumbu karang langka, Blue Coral kepada pengunjung pameran Pemkot Batam, di Kota Bandung, Jawa Barat. (Dok Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Terumbu karang langka, Blue Coral, yang terdapat di Perairan Pulau Abang menjadi andalan parwisata bahari Kota Batam Kepulauan Riau yang dipromosikan ke berbagai daerah.

"'Blue Coral ini termasuk terumbu karang langka, dan ini ada di bawah laut perairan Pulau Abang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Batam, Sabtu.

Kepulauan Abang di selatan pulau utama Batam, memiliki terumbu karang indah, yang cocok bagi warga yang ingin 'snorkling' dan 'diving'.

Menurut dia, kontur gugusan karang di Perairan Kepulauan Abang cocok bagi para pemula yang baru ingin mencoba menyelam.

"Karena landai," kata dia.

Selain bawah laut, Ardi, pesona pulau-pulau di Kepulauan Abang juga indah, karena banyak dikelilingi pasir putih yang bersih.

Tidak hanya pulau-pulau di Kepulauan Abang, Batam kaya akan pulau-pulau indah yang khas, di antaranya Pulau Putri yang merupakan pulau terdepan NKRI.

"Kita patut berbangga kita memunyai pulau yang indah, ada pulau Putri yakni pulau terluar Indonesia berdekatan dengan Singapura, ada Belakang Padang yang terkenal dengan wisata kulinernya yakni cendol dan prata," kata dia dalam pameran bertema Batam Island Holiday Destination di Bandung.

Dalam kesempatan itu, Ardi juga meyakinkan pengunjung, destinasi wisata di Batam telah menerapkan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penularan COVID-19.

Sementara itu, pengelola Destinasi Wisata Pulau Abang, Ledi Seman menyatakan satu daya tarik dari Pulau Abang yakni kegiatan snorkeling dan terdapat "Blue Coral" yang langka menjadi keunikannya.

Menurut dia, di Indonesia, Blue Coral hanya terdapat di perairan Pulau Abang,

"Pulau Abang dijadikan kawasan strategi pariwisata nasional tahun 2014 dimana Pulau Abang mempunyai sebanyak ratusan spesies terumbu karang serta satu-satunya daerah yang kaya ikan nemo," kata perwakilan dari pengelola wisata komunitas berbasis masyarakat.

Ia mencatat,selama 2019, sebanyak 2.000 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke sana. Di antaranya dari Singapura, Malaysia, Korea, Jepang, Cina, Eropa.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE