Sandiaga Uno dinanti bawa angin segar pariwisata Batam

id Batam ,pariwisata batam,sandiaga uno,Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif

Sandiaga Uno dinanti bawa angin segar pariwisata Batam

Destinasi wisata di Kota Batam Kepulauan Riau. (Naim)

Batam (ANTARA) - Sandiaga Uno yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dinilai mampu memberikan angin segar pagi pariwisata di Kota Batam, dan kabupaten kota lain di Provinsi Kepulauan Riau.

"Bagi kami ini sebagai angin segar, karena 1Sandiaga memiliki pengetahuan tentang Batam dan Kepri. Beliau paham karakteristik Batam sebagai daerah perbatasan," kata Eksekutif Direktur Batam Tourism and Promotion Board, Edi Sutrisno di Batam, Selasa.

Ia menyatakan, sejak menjabat sebagai Ketua HIPMI, Sandiaga Uno kerap datang ke Batam, sehingga memahami karakteristik Batam yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia.

Menurut dia, Sandiaga paham, bahwa Batam dan Kepri harus mendapatkan perlakuan khusus, sebagai penyumbang angka kunjungan wisatawan manca negara terbesar kedua di Indonesia.

"Kita itu 'border', wisata perbatasan. Wisata perbatasan berbeda dengan di Bali dan Jawa. Pariwisata kita itu rohnya adalah para 'week-ender', wisman yang datang di akhir pekan," kata dia.

Wisman dari Singapura, Malaysia dan negara lain datang lalu lalang setiap pekan. Meski menghabiskan waktu secara singkat, namun sering.

Ia berharap Sandiaga memberikan perhatian khusus kepada Kepri. Wisata perbatasan musti diletakkan dalam program Sandiaga ke depan.

"Sandiaga sangat paham. Sewaktu menjadi Ketua HIPMI beliau kerap ke Batam, jadi lebih memahami. Kami menyambut Sandiaga dengan gembira," kata dia.

Ia juga berharap Sandiaga memberikan stimulus berupa program-program, dengan mengupayakan agar negara tetangga, Singapura dan Malaysia membuka perjalanan waktu luang bagi warganya untuk datang ke Batam.

Saat ini, Singapura masih membatasi koridor perjalanan bagi pebisnis dan kedinasan ke Indonesia, melalui Pelabuhan Internasional Batam Centre. Namun, belum untuk perjalanan wisata.

Ia yakin, dengan pengalaman Sandiaga sebagai pebisnis di Singapura, Menparekraf mampu mendorong pembukaan perjalanan wisata dari Singapura ke Batam.

Selain itu, ia juga berharap Sandiaga memberikan stimulus terhadap penyelenggaraan MICE di Batam.

"Kalau ada rapat pariwisata kejar ke Batam dan Bintan, supaya wisatawan domestik bergerak ke Batam," kata dia.

Di tempat terpisah, Ketua Insan Pariwisata Indonesia Kepri, Marokhimin menyatakan Sandiaga Uno sebagai sosok yang pas menduduki jabatan Menteri Parekraf.

"Kami merasa bersyukur. Menurut saya, ke depan, dalam waktu tidak lama ekonomi kreatif dan pariwisata akan bangkit dengan kemampuan yang beliau miliki," kata dia.

Jejak Sandiaga membesarkan komunitas Oke Oce dinilai menjadi jaminan dalam meningkatkan ekonomi kreatif Indonesia.

"Oke Oce, komunitas UMKM yang dibidani beliau, sudah bisa merasakan langsung arahan agar dapat terus berkembang dan tetap eksis dan ditingkatkan menjadi lebih bagus," kata dia.

Begitu pula di bidang pariwisata, ia mengatakan Sandiaga suka melakukan perjalanan, ke mana pun tempat yang dinilai indah.

Hal itu sejiwa dengan dunia pariwisata di Indonesia. Sandiaga bisa mengenalkan, mempromosikan destinasi wisata domestik agar menjadi wisata unggulan," kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Nurjali
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar