Tribun Batam Gelar Donor Darah di Karimun

id Tribun, Batam,Donor, Darah,karimun,pmi

Tribun Batam Gelar Donor Darah di Karimun

Warga dan seorang anggota Polri sedang mendonorkan darahnya dalam aksi donor darah yang diselenggarakan Harian Tribun Batam di Taman Bunga, Tanjung Balai Karimun, Sabtu (3/3). (kepri.antaranews.com/Rusdianto)

Karimun (ANTARA Kepri) - Salah satu surat kabar lokal di Provinsi Kepulauan Riau, Harian Tribun Batam menggelar donor darah di Tanjung Balai Karimun bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia setempat, Sabtu.

Aksi donor darah diselenggarakan di halaman rumah dinas Bupati Karimun di Taman Bunga yang diikuti puluhan warga dari masyarakat umum, pegawai pemerintah, Polri, tokoh masyarakat, pelajar dan Komunitas Pecinta Alam "Jelajah Karimun".

Dalam donor darah itu, panitia berhasil menghimpun 41 kantong darah yang selanjutnya disumbangkan untuk kegiatan kemanusiaan ke Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Karimun.

"Aksi donor darah ini berawal dari keprihatinan atas sering langkanya persediaan darah di Karimun, apalagi PMI menyatakan persediaan darah juga habis awal pekan lalu," kata Manajer Promosi Harian Tribun Batam Bagus Permadi, di sela-sela kegiatan.

Bagus Permadi mengatakan donor darah dengan tema "Donorkan Darahmu Buatlah Perubahan" merupakan bentuk partisipasi perusahaan media dalam kegiatan kemanusiaan, khususnya untuk membantu warga yang membutuhkan darah.

"Donor darah yang dilaksanakan kelompok masyarakat, organisasi kemasyarakatan maupun perusahaan media sangat membantu upaya PMI untuk memenuhi persediaan darah. Mobilisasi masyarakat melalui kegiatan seperti ini kami fikir cukup efektif untuk memotivasi dan menumbuhkan keinginan masyarakat untuk mendonorkan darahnya," ucapnya.

Donor darah, kata Bagus, tidak hanya bertujuan untuk kemanusiaan, yakni membantu pasien yang membutuhkan darah, tetapi juga sangat bagus untuk kesehatan.

"Donor darah dapat membantu kelancaran sirkulasi darah dalam tubuh," ucapnya.

Ketua PMI Cabang Karimun JB Walianto mengapresiasi kegiatan donor darah yang diselenggarakan Harian Tribun Batam.

Dia mengakui upaya untuk menghimpun darah sangat sulit jika tidak dibantu oleh seluruh komponen masyarakat.

"Jika setiap bulan ada dua atau tiga aksi donor darah, kami optimistis tidak perlu lagi meminta bantuan kantong darah ke daerah lain seperti Batam," ucapnya.

Pantauan, aksi donor darah tersebut tidak hanya diikuti oleh warga setempat, tetapi juga diikuti oleh beberapa warga daerah lain yang kebetulan berkunjung ke Tanjung Balai Karimun.

"Kebetulan kami berasal dari Tanjungsamak, Meranti, Riau dan melihat ada aksi donor darah, secara spontan saya tergerak untuk menyumbangkan darah untuk dimanfaatkan bagi mereka yang membutuhkan," kata Nurul Zamri, salah seorang pendonor.

(KR-RDT/E001)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE