Natuna (ANTARA) -
Basarnas Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau melakukan docking Kapal Negara (KN) Sasikirana, guna perawatan rutin agar kapal tersebut tetap prima dalam menjalan tugasnya.
 
"Kita lakukan docking besar atau overhaul," ucap dia.Kasi Sumberdaya Kantor Basarnas Kabupaten Natuna Alfiansyah saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Sabtu.

Ia mengatakan perawatan kapal yang dilakukan di Kota Batam itu bertujuan untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi agar kondisi kapal dan mesinnya tetap prima atau dalam kondisi baik, guna memperlancar tugas operasi.

Ia menjelaskan, overhaul kapal milik Basarnas dilakukan lima tahun sekali oleh bidang sarana dan prasarana Basarnas Pusat.
 
"Overhaul bisa juga dilakukan saat ada kerusakan akibat operasi dan hal lainnya," ujar dia.
 
Kata dia, docking dijadwalkan selama satu bulan mulai tanggal 13 April hingga 17 Mei 2024.
 
"Kapal tadi pagi sekitar pukul 06.00 WIB berangkat dari Pelabuhan Penagi (Ranai) menuju Kabupaten Kepulauan Anambas dan akan dilanjutkan ke Batam pada subuh," kata dia
 
Dengan demikian sambung dia, untuk sementara waktu KN Sasikiran belum bisa digunakan dalam operasi, namun pihaknya masih memiliki alat utama lainnya.
 
"Kita masih ada dua RIB, selain itu kita juga sudah menyurati TNI AL terkait permohonan bantuan alut untuk mendukung operasi," tutur dia.
 
Ia berharap KN Sasikiran dan awak kapal sampai ke lokasi docking dalam keadaan selamat.
 
"Personel yang bertugas membawa kapal sebanyak 18 orang," katanya.

Baca juga:
Polres Natuna tingkatkan pengamanan di objek wisata di hari ketiga lebaran

Dinkes Kepri imbau warga waspadai penyakit ISPA di momen Lebaran

13 warga binaan terima remisi langsung bebas di Kepri

 

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024