Batam (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Kepulauan Riau Mawardi mengingatkan panitia pemilihan kecamatan (PPK) hal krusial soal pemutakhiran data pemilih dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Hal yang paling krusial adalah pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih," kata Mawardi saat melantik 60 PPK untuk 12 kecamatan di Kota Batam, Kamis.

Tahapan dan jadwal pemilihan kepala daerah akan dimulai di awal Juli. Oleh karena itu, dia meminta sesegera mungkin berkomunikasi dengan pemerintah setempat.

Dari keseluruhan PPK yang dilantik, sekitar 60 persen merupakan petugas yang sebelumnya terlibat dalam Pemilu pada Februari lalu.

"Untuk itu bagi yang baru bergabung agar dapat segera menyesuaikan tugas dan tanggungjawabnya," ujar Mawardi.

Dengan begitu, ia meminta para anggota PPK agar segera melakukan koordinasi dan komunikasi dengan kecamatan dan Polsek terdekat.

Baca juga: Jefridin nyatakan akan maju Pilkada Batam 2024

Hal tersebut merupakan upaya dilakukan dalam menjaga sinergisitas yang sudah dilaksanakan dalam Pemilu lalu, sehingga bisa saling berkoordinasi menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024.

"Perlu langsung dilakukan komunikasi dengan aparat penengah hukum di masing-masing Kecamatan. Koordinasi perlu segera dilakukan, guna mencegah potensi kericuhan dalam Pilkada nanti," kata dia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Kepulauan Riau menyebutkan tidak ada bakal calon perseorangan (ba calon) pada pemilihan wali kota dan wakil wali kota untuk Pilkada 2024 di daerah setempat.

Ketua KPU Kota Batam Mawardi di Batam, Senin lalu mengatakan tahapan penyerahan dokumen yang dimulai sejak tanggal 8-12 Mei 2024, dan tidak ada satupun bacalon wali kota dan wakil wali kota yang datang untuk menyerahkan dokumen syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota Batam tahun 2024.

"Sampai dengan tanggal 12 Mei pukul 23.59 WIB, tidak ada satu pun bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang datang menyerahkan dokumen," kata Mawardi.

Baca juga: KPU Bintan sebut anggaran Pilkada 2024 sudah cair 100 persen

Pewarta : Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024