Natuna (ANTARA) -
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau memberi pembekalan kepada 51 anggota panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) yang bertugas mengawasi tahapan Pilkada 2024 di daerah itu.

"Kita berikan gambaran terkait kegiatan pilkada, kemudian motivasi dan beberapa pesan-pesan lainnya," ucap Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna Siswandi usai melantik anggota panwascam di Natuna, Sabtu.

Selain itu kata dia, para anggota akan diberikan bimbingan teknis (bimtek) terkait penyelesaian sengketa cepat, penanganan pelanggaran dan beberapa hal lainnya yang berhubungan dengan kinerja panwascam itu sendiri.
 
"Untuk bimtek beda lagi, kita akan buat kegiatan khusus," ujar dia.
 
Ia menjelaskan, 80 persen anggota panwascam yang dilantik merupakan anggota panwascam yang lulus evaluasi existing Pemilu 2024.
 
"Sebanyak 10 orang merupakan anggota baru, hasil perekrutan ulang, setelah 10 orang anggota pengawas Pemilu 2024 yang tidak lulus usai evaluasi," jelas dia.
 
Kepada anggota pengawas yang baru dilantik ia mengingatkan untuk menjalankan amanah dengan baik dan benar.
 
"Setelah dilantik kawan-kawan mengemban amanah, kewajiban dan memiliki kewenangan terkait pengawasan Pilkada 2024," ujar dia.
 
Pada kesempatan yang sama dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah ikut terlibat dalam menyukseskan Pemilu 2024 dan proses perekrutan panwascam Pilkada 2024.
 
"Terima kasih kepada pihak kecamatan dan pihak-pihak lainnya yang telah membantu kami dalam menyukseskan pemilu dan tahapan pilkada," imbuh dia.

Ia berharap semua tahapan Pilkada 2024 berjalan dengan lancar dan sukses.

"Mari sama-sama kita sukseskan pilkada," tutur dia.

Baca juga:
Kodim 0318 Natuna gelar kursus bahasa inggris gratis

Pemkab Natuna minta guru untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024