Natuna (ANTARA) -
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau meluncurkan pengawasan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kantor Bupati setempat pada Minggu malam (28/7/2024).
 
Ketua Bawaslu Lingga Fidya Asrina dalam keterangan dari Natuna, Senin, mengatakan kegiatan tersebut menandakan kesiapan pihaknya dalam melakukan pengawasan tahapan Pilkada 2024.

Ia menjelaskan pada peluncuran tersebut pihaknya menggelar tabligh akbar dengan mengundang ustadz dari luar Lingga.
 
"Kegiatannya tadi malam (28/7/2024). Untuk penceramahnya Ustadz Anugerah Cahyadi atau sering disapa ustadz Ucay," ucap dia.
 
Ia menyebut, pada kegiatan tersebut pihaknya mengundang masyarakat dan para pemangku kepentingan di daerah itu.
 
"Yang hadir sekitar 400 orang terdiri dari Forkopimda, tokoh agama, pengurus masjid, organisasi partai politik, panwaslu kecamatan, dan masyarakat," ujar dia.
 
Ia menerangkan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengajak masyarakat Lingga ikut menjadi pengawas aktif pada Pilkada 2024.
 
Menurut dia, partisipasi dari berbagai pihak dalam menyukseskan Pilkada diperlukan, sebab pihaknya memiliki keterbatasan personel dan jangkauan.
 
Ia menambahkan pihaknya telah membentuk pengawas partisipatif dari kalangan mahasiswa untuk membantu pihaknya dalam mengawasi tahapan Pilkada.
 
Ia berharap Pilkada berjalan dengan lancar.
 
"Kegiatan juga bertujuan untuk mengajak masyarakat turut serta ikut melakukan pengawasan dan menghindari segala bentuk pelanggaran Pilkada serta untuk menjaga agar Pilkada di Kabupaten Lingga dapat berjalan secara lancar aman dan damai tanpa terpecah belah akibat perbedaan pilihan," imbuh dia.

Baca juga:
Pemprov Kepri salurkan bantuan Rp31,06 miliar di enam kecamatan di Bintan

Pemprov Kepri alokasikan Rp7,14 miliar lindungi nelayan melalui BPJAMSOSTEK

KPU Lingga berupaya penuhi hak pilih warga binaan di Lapas

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024