Batam (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Budaya (Disbudpar) Kota Batam membina Bahana Barelang Drum Corps (BBDC) untuk menampilkan rangkaian atraksi pada Upacara Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Drum Corps sudah tampil beberapa tahun ini dan merupakan kebanggaan dari Kota Batam. Mereka sudah berlatih selama satu tahun ke belakang,” kata Kepala Disbudpar Kota Batam Ardiwinata di Batam, Kepri, Sabtu.

Proses seleksi anggota BBDC sendiri sudah dimulai sejak September 2023.

BBDC telah menjalani karantina intensif sejak tanggal 14 Agustus, berlatih dari jam 9 pagi hingga jam 8 malam setiap hari.

Anggota senior korps musik Syadid Liapriva menyampaikan bahwa fasilitas untuk berlatih telah diakomodasi oleh Disbudpar, termasuk penyediaan kostum baru dan peralatan yang diperlukan untuk pertunjukan.

“Kami lakukan latihan rutin di Alun-Alun Engku Putri, sementara base camp tim ini berada di gedung lama Disbudpar Kota Batam,” ujarnya.

Pada rangkaian acara HUT ke-79 RI di Kota Batam, BBDC tampil pada acara “Taptu” di Dataran Engku Hamidah, renungan suci di Kecamatan Batu Aji, upacara pagi dan penurunan bendera pada sore hari.

Ardiwinata mengungkapkan dengan antusias bahwa Disbudpar Kota Batam akan menyelenggarakan Batam International Marching Band Championship pada bulan Oktober mendatang.

“Kami memiliki pelatih bersertifikat internasional dan alumni BBDC yang selalu mendukung tim untuk tampil terbaik,” ujarnya.

Dengan pembinaan yang mendukung dari Disbudpar, Bahana Barelang Drum Corps dapat menampilkan pertunjukan yang maksimal pada rangkaian acara HUT ke-79 RI.

Baca juga:
Pelabuhan Belakangpadang dipadati warga yang saksikan lomba 17 Agustus

Wali Kota Batam: HUT RI momen sejahterakan masyarakat dengan pembangunan

Kepala Kesbangpol Batam: Ingatlah sila pertama pada Pancasila


Pewarta : Amandine Nadja
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024