Tanjungpinang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyalurkan bantuan seragam sekolah gratis kepada 2.860 siswa SMA/SMK pada tahun ajaran baru 2024/2025.

Kepala BAZNAS Kepri Arusman Yusuf mengatakan total anggaran beasiswa seragam gratis tersebut mencapai Rp900 juta untuk pengadaan dua pasang seragam sekolah SMA/SMK, yaitu seragam OSIS (putih abu-abu) dan seragam pramuka.

"Bantuan seragam gratis ini menyasar siswa baru tingkat SMA/SMK se-Kepri, masing-masing dapat dua pasang seragam sekolah," kata Arusman Yusuf usai penyerahan bantuan seragam gratis secara simbolis di Jalan Bintan, Kota Tanjungpinang, Kamis.

Baca juga: PON - Dua bersaudara raih medali perak dari cabor biliar untuk Kepri

Arusman menyebut bantuan seragam gratis merupakan bagian dari program kerja BAZNAS Kepri, yaitu "Kepri Cerdas" yang merupakan salah satu program utama untuk menyalurkan dana zakat sebagai biaya pendukung pendidikan dan meningkatkan prestasi anak-anak di daerah tersebut.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan dapat mengurangi beban orang tua dalam membelikan seragam sekolah anaknya, terutama yang baru beranjak masuk SMA/SMK.

"Tahun lalu, bantuan yang diberikan kepada pelajar SMA/SMK berupa beasiswa sumbangan pembinaan pendidikan (SPP), tapi berhubung tahun ini Pemprov Kepri sudah membuat program SPP gratis, makanya kami alihkan dengan seragam gratis," ungkap Arusman.

Baca juga: RSUP Kepri sudah bisa melayani operasi jantung besar

Dia menambahkan bahwa pemberian beasiswa mahasiswa "Kepri Cerdas" bersumber dari dana zakat, infaq dan sedekah (ZIS) yang dikelola BAZNAS Kepri. Tahun ini pihaknya menargetkan penerimaan zakat sebesar Rp13 miliar, sementara yang sudah terealisasi sampai sejauh ini sebesar Rp7 miliar.

"Kita optimistis dengan sisa waktu sekitar empat bulan, target penerimaan zakat Rp13 miliar itu dapat tercapai," ucapnya.

Dia menambahkan bahwa BAZNAS Kepri memastikan pengelolaan dana zakat dilakukan dengan baik, profesional, dan tepat sasaran demi kesejahteraan sekaligus mewujudkan rasa keadilan bagi umat.*

Baca juga:
Pemprov Kepri bertekat aliri listrik ke setiap rumah di Natuna

Deputi BAZNAS: Realisasi penerimaan zakat sudah mencapai Rp900 M

Pewarta : Ogen
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024