Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Batam, Kepulauan Riau (Kepri), mencatat 2.519 orang telah mengirim dan mengakhiri pendaftaran di aplikasi SSCASN 2024 untuk merebutkan 86 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup pemkot setempat.

"Total Pendaftar 2.856 pendaftar untuk Pemkot Batam, yang melakukan submit di aplikasi SSCASN 2.519 pendaftar," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Hasnah di Batam, Selasa.

Untuk tahapan selanjutnya pada tanggal 17-19 September adalah seleksi administrasi.

"Pengumuman seleksi administrasi akan kami umumkan setelah tanggal seleksi administrasi telah dilaksanakan," ucapnya.

Ia menyampaikan formasi yang paling banyak diminati pelamar CPNS 2024 di daerah itu yaitu Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang mencapai 424 pendaftar.

Pada tahun ini Pemkot Batam membuka dua formasi untuk penyandang disabilitas pada Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

"Satu formasi akan ditempatkan di Dinsos PM dan satu formasi lainnya di Disdukcapil," kata Hasnah.

Ia menjelaskan kebijakan seleksi CPNS untuk tahun anggaran 2024 terdapat penekanan khusus pada formasi untuk penyandang disabilitas dan lulusan cumlaude.

Dalam keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 320 Tahun 2024 terdapat formasi khusus untuk penyandang disabilitas dengan alokasi dua posisi di Kota Batam.

Ia juga memastikan seluruh rangkaian penerimaan CPNS tidak dipungut biaya apapun.

"Diimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk lain," kata dia.

Baca juga: BPKAD jadi formasi paling banyak diminati pelamar CPNS Batam

Pewarta : Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024