Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) menetapkan nama Masjid Agung wilayah setempat menjadi Masjid Agung Baitul Izza Natuna.
 
Bupati Natuna Wan Siswandi di Natuna, Selasa, mengatakan pemberian nama tersebut atas musyawarah yang dilakukan oleh pemuka agama, pemuka adat dan beberapa elemen masyarakat lainnya.

Menurut dia, penggunaan nama tersebut telah diresmikan pada Senin (13/9) malam, yang disaksikan oleh TNI, Polri, dan elemen masyarakat lainnya.
 
"Masjid Agung kita itu belum ada nama. Namanya cuma nama Masjid Agung, tetapi kan belum ada nama Masjid Agung apa, makanya kemarin kita rembuk," ucap dia.
 
Ia menyebut Baitul Izza berarti rumah kemuliaan dan nama tersebut dinilai cocok disematkan ke Masjid Agung Natuna yang merupakan tempat yang mulia.
 
"Terima kasih kepada Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM), Ketua MUI, Imam Besar, orang tua saya yang sudah menyepakati nama Baitul Izza. Mudah-mudahan dengan nama ini semangat kita menjadi semangat baru," ucap dia.
 
Ia menerangkan Masjid Agung Baitul Izza Natuna yang terletak di Jalan Dato Kaya Wan Moh Benteng, Kecamatan Bunguran Timur itu bisa menampung ribuan orang.
 
Ia menyebut di masa kepemimpinannya dirinya membuat program memakmurkan masjid, pada program ini pegawai Lingkungan Pemkab Natuna ditugaskan untuk membuat acara keagamaan dan beribadah di Masjid Agung dan Masjid di Kecamatan tempat para pegawai tinggal.
 
Selain itu kata dia, agar Masjid Agung Baitul Izza Natuna selalu ramai, Pemkab Natuna juga menjadikannya sebagai Islamic Centre atau pusat pembelajaran agama Islam, yang berfungsi sebagai tempat pembinaan umat islam.
 
"Saya berharap dan berpesan untuk semuanya, mari bersama-sama memakmurkan dan memuliakan Masjid kita ini," ujar dia.

Baca juga:
Pemkot Batam targetkan dua minggu untuk perbaikan kubah Masjid Agung

Aktivitas di Masjid Agung Batam dialihkan ke masjid sementara

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024