Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meluncurkan program pemagangan tenaga kerja dalam negeri sebagai salah satu upaya untuk menekan tingginya angka pengangguran terbuka (TPT) di daerah itu.

"Program ini juga dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di Kepri," kata Kepala Disnaker Kepri Mangara Simarmata di Tanjungpinang, Jumat.

Program pemagangan dilaksanakan di PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) di Galang Batang, Kabupaten Bintan dengan jumlah pekerja sebanyak 30 orang. Program ini merupakan yang pertama kali dilakukan dengan menggunakan APBD Provinsi Kepri.

Program magang selama tiga bulan mulai tanggal 1 September hingga 30 November 2024, dengan penempatan kerja langsung di PT BAI.

Mangara menyebut program pemagangan itu bertujuan memenuhi kebutuhan tenaga kerja di PT BAI, sekaligus memberikan pengalaman praktis di lapangan bagi para pencari kerja.

“Para peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat dari perusahaan dan difasilitasi untuk mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan,” ungkap Mangara.

Adapun 30 peserta terpilih untuk magang di berbagai posisi di PT BAI seperti operator di departemen alumina hingga PLTU PT BAI. Mereka juga mendapatkan berbagai fasilitas, termasuk uang saku, makan siang, BPJS Ketenagakerjaan, seragam, dan perlengkapan kerja.

"Selain itu, peserta pemagangan akan dilatih dan dievaluasi dengan target kelulusan 100 persen, serta diharapkan 90 persen dari lulusan pemagangan dapat diserap langsung oleh perusahaan," tuturnya.

Mangara turut menambahkan bahwa program pemagangan ini digagas sebagai upaya mengurangi tingkat pengangguran di Kepri yang pada Februari 2024 tercatat sebesar 6,94 persen.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di wilayah Kepri mencapai 74.780 orang dari total 1.078.170 angkatan kerja, dengan lulusan SMK mencatatkan angka pengangguran tertinggi.

"Melalui program ini diharapkan kualitas SDM di Kepri semakin meningkat, sehingga mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja industri dan mengurangi angka pengangguran," demikian Mangara.

Baca juga:
Disnaker Batam fasilitasi daftar pelatihan kerja bagi pencaker

Disnaker Batam terus tingkatkan program pelatihan pencari kerja

Pewarta : Ogen
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024