Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun, Kepulauan Riau, mewajibkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di setiap kecamatan untuk menarik perhatian dan meningkatkan kesadaran generasi Z (Gen Z) lewat akun media sosial terkait informasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Setiap PPK di 14 kecamatan diwajibkan membuat media sosial, baik di Instagram maupun Facebook. Semua kegiatan diunggah disana, mulai dari rapat koordinasi, aktivitas monitoring, kegiatan yang mereka laksanakan,” kata Kepala Divisi (Kadiv) Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Karimun Suhermita saat dihubungi di Batam, Kamis.

Kadiv tersebut menjelaskan bahwa pembuatan akun media sosial ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi kerja PPK di masyarakat.

“Dari pihak KPU kami menyemangati dengan membagi souvenir seperti mug, gelas dan gantungan kunci pada panitia,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan adanya media sosial, aktivitas PPK akan lebih terlihat oleh publik, terutama oleh generasi Z yang aktif menggunakan platform-platform tersebut.

Baca juga: Pemkab Natuna gelar rembuk masa di depan kelurahan sadar kerukunan

“Supaya lebih terlihat aktivitas PPK di setiap kecamatan apa saja. Anggota PPK yang mungkin lebih muda juga bisa ikut membuat konten menarik di akun tersebut,” kata kadiv tersebut.

Contohnya, akun Instagram PPK Kecamatan Tebing (@ppktebing) secara rutin mengunggah seluruh kegiatan mereka di Instagram, sehingga masyarakat dapat mengetahui aktivitas mereka dengan jelas.

Hal ini juga sebagai upaya untuk memperkuat sinergi antara KPU, PPK, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada, termasuk nanti saat dilantiknya Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Dengan banyaknya pihak yang bekerja di setiap kecamatan, media sosial akan memudahkan penyebaran informasi terbaru," tutup Suhermita.

Pilkada 2024 di Kabupaten Karimun diikuti oleh tiga pasangan calon yakni Iskandarsyah dan Rocky Bawole sebagai nomor urut 1, Firmansyah dan Ery Suandi sebagai nomor urut 2, dan pasangan Bakti Lubis dan Raja Bakhtiar sebagai nomor urut 3.

Baca juga: Diskominfo Kepri: 94 persen TPS pilkada sudah terkoneksi internet


Pewarta : Amandine Nadja
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024