Batam, Kepri (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Kepulauan Riau, memberikan perhatian pada keamanan pejalan kaki dengan pembangunan jembatan penyeberangan di jalan-jalan besar.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pelayanan Jasa Transportasi Dishub Kota Batam Bambang Sucipto mengungkapkan bahwa fasilitas penyeberangan ini perlu disesuaikan dengan kondisi jalan yang semakin lebar di kota itu.

“Jalan-jalan di Batam semakin lebar dan di beberapa titik belum ada jembatan penyeberangan yang memadai, atau karena pelebaran jalan, jembatan yang sudah ada tergusur dan harus dimodifikasi, ada banyak faktor mengapa pejalan kaki semakin sulit untuk menavigasi jalan,” kata Bambang Sucipto saat dihubungi di Batam, Rabu.

Saat ini, dengan semakin banyaknya jalan yang memiliki lima hingga enam lajur, Dishub sedang mempertimbangkan pembangunan penyeberangan di median jalan guna mengakomodasi pengguna jalan yang membutuhkan akses lebih aman.

“Di beberapa jalan yang memiliki lima atau enam lajur, kami berencana membangun penyeberangan di median, mirip seperti yang ada di Jakarta,” ujarnya.

“Hal ini penting karena penyeberangan jalan yang lebih luas membutuhkan solusi yang lebih aman, seperti jembatan penyeberangan sederhana yang bisa membantu pejalan kaki menyeberang dengan lebih aman,” jelas Bambang.

Sebagai bagian dari penyesuaian, Dishub juga merencanakan modifikasi beberapa jembatan penyeberangan yang sudah ada, terutama di kawasan-kawasan padat seperti di SMP 3 Kupang dan sekitar jalanan besar di dekat Amtek Engineering, Belian.

“Pejalan kaki adalah pengguna transportasi umum jadi kami harus prioritaskan mereka. Infrastruktur yang mendukung keamanan mereka harus benar-benar diperhatikan di mana pejalan kaki dan pengguna sepeda harus menyeberangi banyak lajur,” tutupnya.

Dengan fokus yang besar pada keselamatan dan kenyamanan, Dishub Batam berharap fasilitas penyeberangan untuk pedestrian akan segera terealisasi, guna memastikan bahwa pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya dapat bergerak dengan lebih aman di tengah perkembangan pesat infrastruktur jalan di Kota Batam.

Baca juga: Gubernur Ansar resmikan jembatan penghubung pulau di Batam


Pewarta : Amandine Nadja
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024