Batam (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batam menggelar program pelayanan keluarga berencana (KB) gratis di 12 kecamatan sebagai bagian dari upaya pengendalian jumlah penduduk.

“Hari ini kami selenggarakan sesuai jadwal untuk Kecamatan Batam Kota di kantor camat, ini sudah hari ke-enam untuk pelayanan dan berjalan dengan lancar,” Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana DP3AP2KB Batam kata Mutiara Ayu di Batam, Rabu.

Program ini berlangsung mulai 8 Oktober hingga 25 Oktober, setiap hari Senin hingga Jumat, dari pukul 9 hingga 12 siang.

"Kecamatan besar seperti Batu Aji dan Sagulung mendapat pelayanan dua hingga tiga kali. Kami sesuaikan berdasarkan kebutuhan dan jumlah penduduk di wilayah tersebut," ujar Mutiara.

Pada pelayanan hari ini di Kantor Kecamatan Batam Kota, sebanyak 21 orang menerima layanan KB.

“Ada 21 akseptor, 7 dari akseptor tersebut memilih pemasangan IUD, sementara 14 orang lainnya memilih implan,” katanya.

Pelaksanaan program ini juga melibatkan kerja sama dengan puskesmas, kader-kader kecamatan, serta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Pelayanan KB ini difokuskan pada kontrasepsi jangka panjang, dengan target minimal 30 akseptor setiap sesi. Tetapi jumlah tersebut bervariasi. Misalnya, di beberapa wilayah seperti Sungai Beduk, kita pernah melayani hingga 44 akseptor, dan di Tanjung Uncang hingga lebih dari 70 orang," kata Mutiara.

Kepala bidang itu juga menambahkan bahwa peserta terkadang terhambat untuk hadir karena cuaca buruk, yang kerap terjadi di Batam pada beberapa pekan ini.

Diharapkan program rutin pelayanan KB gratis terus berjalan sesuai dengan target yang sudah ditetapkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Program KB ini merupakan salah satu prioritas nasional, bukan hanya mengendalikan jumlah penduduk, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan keluarga," ujarnya.

Baca juga: DP3AP2KB Batam sebut pelayanan KB 2024 cukup maksimal


Pewarta : Amandine Nadja
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024