Lingga (Antara Kepri) - Dua partai peserta pemilu 2014 yakni Partai Gerakan Rakyat Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Bulan Bintang (PBB) tidak hadir dalam Bimbingan Teknis Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga di salah satu penginapan di Daiklingga.

"Bimtek ini sangat penting bagi parpol baru maupun Parpol lama, meskipun verifikasi faktual akan dilakukan hanya bagi parpol baru, tapi bagi parpol lama sangat penting untuk mengetahui tahapan Pemilu 2019, yang sudah dimulai," kata Ketua KPU Lingga, Agussyuriawan kepada Antara Kepri, Senin.

Dalam bimbingan teknis ini, KPU Lingga mengundang dua orang dari masing-masing partai politik, yaitu satu orang pengurus partai dan satu orang operator.

Dalam Bimtek ini, KPU Lingga menjelaskan atau menyosialisasikan tata cara penggunaan sistim baru dalam Pemilu 2019, yang dikenal dengan Aplikasi Sipol (Sistim Informasi Partai Politik). Baik partai baru maupun partai lama, nantinya memiliki kewajiban untuk mengisi data keanggotaan partai politik melalui aplikasi sipol ini.

"Nanti parpol yang ingin menjadi peserta pemilu wajib mengisi data keanggotaan melalui aplikasi ini secara online," terang Agus.

Adapun dua partai yang tidak hadir pihaknya tidak mengetahui, karena beberapa hari sebelum digelarnya Bimtek KPU Kabupaten Lingga sudah melakukan komunikasi intens kepada partai yang lama maupun partai baru yang ada di Kabupaten Lingga. Kedua partai ini menurutnya saat ini memang tidak memiliki kursi di DPRD Lingga, namun kehadiran partai dalam Bimtek ini sangat penting.

"Bimtek ini sangat penting, karna nantinya kita akan lebih banyak menggunakan sistim online sehingga setiap partai harus memiliki operator untuk aplikasi Sipol ini," sebutnya.

Adapun partai baru yang hadir dalam bimtek tersebut, antara lain Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Beringin Karya (Berkarya), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Islam Damai Aman (Idaman). (Antara)

Editor: Rusdianto

Pewarta : Nurjali
Editor :
Copyright © ANTARA 2024