Tanjung Balai Karimun (ANTARA) - Anggota DPRD Karimun dari Fraksi Partai Golkar Wiyono bersama sejumlah relawan bentukannya menyemprotkan cairan disinfektan di Pulau Buru, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Kamis (26/3).

"Penyemprotan cairan disinfektan merupakan bentuk peran aktif kita membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran wabah COVID-19," kata Wiyono melalui telepon, Kamis.

Wiyono yang berasal dari dapil Karimun-Buru mengatakan, penyemprotan disinfektan dilakukan di semua masjid dan klenteng di Pulau Buru. Kemudian, beberapa tempat umum seperti pelabuhan Buru dan pusat keramaian di daerah setempat.

Selain menyemprotkan cairan disinfektan, Wiyono bersama para relawan juga membagikan antiseptic tangan atau hand sanitizer.

Dia juga menyebarkan brosur berisi imbauan kepada masyarakat agar bersama-sama mencegah pandemi COVID-19, dengan cara berdiam diri di rumah, rajin cuci tangan dengan sabun, mengonsumsi makanan bergizi, menerapkan pola hidup bersih dan menghindari kerumunan massa atau keramaian.

"Relawan juga berkeliling di Buru untuk memberikan imbauan menggunakan mobil, dan meminjam speaker masjid," kata dia.

Relawan yang telah dibentuk, menurut dia, juga akan melakukan pendataan dan pemantauan terhadap warga yang baru pulang dari Malaysia. 

Kepada warga yang baru pulang dari Malaysia, dia imbau untuk tidak keluar rumah atau melakukan karantina mandiri demi mencegah penularan virus corona baru.

"Mari bersama-sama kita lawan COVID-19. Kita bersatu dan kita pasti bisa, yang penting tanamkan kedisiplinan diri dan patuhi imbauan pemerintah," kata Wiyono.
 

Pewarta : Rusdianto
Editor : Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024