Tanjungpinang (ANTARA) - Sejumlah relawan COVID-19 Tanjungpinang, Kepulauan Riau melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah masjid untuk mencegah penularan COVID-19.

Relawan COVID-19 Tanjungpinang, Ari, di Masjid Sya'Airullah, Jumat, mengatakan aktivitas shalat di masjid tidak dilakukan sejak pekan lalu atau setelah Pemkot Tanjungpinang melayangkan surat edaran untuk mencegah penularan COVID-19. Namun, azan tetap dilantunkan setiap masuk waktu shalat dzuhur, asar, magrib, isya, dan subuh.

Penyemprotan disinfektan tidak hanya di masjid, melainkan juga di gereja dan vihara.

Baca juga: 1.200 rumah di Karimun disemprot disinfektan cegah COVID-19

"Kami juga menyosialisasikan kepada pengurus rumah ibadah untuk setiap hari menyemprot disinfektan dengan cara sederhana, seperti yang kami lakukan," ujarnya.

Penyemprotan di rumah ibadah akan terus dilakukan relawan. Saat ini, relawan masih mendata alamat masjid, gereja dan vihara, serta melakukan komunikasi dengan pengurus rumah ibadah itu.

Baca juga: Pertamina semprot disinfektan pada fasilitas pendistribusian BBM

"Hari ini ada dua masjid, dan satu gereja yang disemprot disinfektan," katanya.

Sebelumnya, Relawan COVID-19 Tanjungpinang juga menyemprot Kantor Kepri Smart Centre di Dinas Komunikasi dan Informasi Kepri dan Kantor Bawaslu Tanjungpinang.

Selain itu, mereka juga membangun sarana pencuci tangan di Rumah Sakit Umum Provinsi Kepulauan Riau, Pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura, praktik dokter umum di Jalan Bakar Batu, dan ruang publik lainnya.

Relawan juga menyerahkan bantuan cairan pencuci tangan dan susu untuk tim medis RSUP Kepri.

"Misi selanjutnya, kami akan menyerahkan bantuan berupa beras dan mie instan kemasan kepada masyarakat kurang mampu," kata Koordinator Relawan COVID-19, Joni.

Baca juga: Polda Kepri semprotkan disinfektan ke sejumlah fasilitas umum
 

Pewarta : Nikolas Panama
Editor : Rusdianto Syafruddin
Copyright © ANTARA 2024