Ranai, Natuna (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan pada kapal kargo di pelabuhan Penagi, Ranai,  Natuna, Kepri, Kamis (28/5) pagi.

"Penyemprotan disinfektan di fasilitas umum dapat memberikan kenyamanan serta kesehatan masyarakat, ini salah satu langkah preventif yang kami lakukan dalam mencegah penyebaran COVID -19 di wilayah Ranai," kata Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Dofir.

Melalui keterangan tertulisnya, ia juga mengatakan langkah tersebut bagian dari upaya Lanal Ranai memaksimalkan perlindungan bagi masyarakat terhadap potensi penularan virus COVID -19. 

Selain itu, ia juga menyampaikan dengan dilakukannya kegiatan tersebut, diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan diri masing-masing.

"Harapan kami, dengan berbagai langkah-langkah antisipasi telah kami lakukan dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan tidak hanya bagi masyarakat yang sedang malaksanakan ibadah, juga kenyamanan masyarakat yang kesehariannya bekerja di Pelabuhan Penagi," ujarnya.

Mengingat Pelabuhan Penagi merupakan salah satu pintu gerbang keluar masuk orang dan barang, Ia juga mengatakan hendaknya wilayah tersebut terus mendapatkan perhatian khusus agar potensi masuknya virus COVID -19 tidak terjadi di Natuna.

"Kita semua berharap dan berdoa semoga wabah virus Corona ini dapat segera diatasi, sehingga perekonomian daerah maupun nasional dapat terus tumbuh," tutup Kolonel Laut (P) Dofir.

Selain dua kapal kargo KM. Victori Indah dan KM. Permata Hati saat sedang sandar di pelabuhan umum Tanjung Payung Penagi, penyemprotan disinfektan juga dilakukan pada delapan titik tempat umum lainya, di antaranya, Masjid An-Nur, Mushola At-Tarbiyah SMA 1 Bunguran Timur, Surau Al-Hidayah Dg. Kemunting III, Surau Al-Istiqomah Gg. Sepakat, Surau Al-Mukarramah, Klenteng Fo Tek Chi Kota Tua Penagi oleh para petugas Balai Kesehatan Lanal Ranai.
 

Pewarta : Cherman
Editor : Rusdianto Syafruddin
Copyright © ANTARA 2024