BMKG perkirakan Lebaran turun hujan

id Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah,Lebaran 2021,Hari Raya 2021,BMKG,BMKG Batam,BMKG Hang Nadim Batam,Prakiraan Cuaca,Prakiraan Cuaca Batam

BMKG perkirakan Lebaran turun hujan

Dokumentasi suasana perairan Batam. Foto Antara Kepri/Evy R. Syamsir

Batam (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperkirakan hujan di Batam pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang jatuh pada hari Kamis (13/5).

Prakirawan BMKG Hang Nadim Batam, Ibnu Susilo mengatakan, hal itu terjadi karena adanya pola angin siklonik di perairan Kepulauan Riau dengan kelembapan udara lapisan atas yang tinggi, sehingga mendukung potensi terbentuknya awan hujan.

"Jadi prakiraan besok pagi, siang, sore dan dini hari itu berpotensi hujan. Untuk sifat hujannya, kami memperkirakan hujan lokal," ucapnya.

Ia juga mengatakan, bahwa hujan yang terjadi besok dapat disertai dengan petir dan angin kencang.

"Ada himbauan untuk besok, yaitu ada potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang di Batam pada pagi dan siang hari," katanya.

Ibnu melanjutkan, potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir, tidak hanya terjadi di wilayah Batam saja. Namun, diperkirakan terjadi juga di Lingga, Karimun, Tanjung Pinang dan Bintan.

Selain itu, Ia mengatakan, bahwa kecepatan angin di Batam saat ini mencapai 20 Km/jam, sedangkan untuk kondisi perairan di Batam masih dalam kondisi tenang.

"Untuk angin rata-rata Kota Batam dari arah tenggara dengan kecepatan maksimumnya 20 Km/jam. Dan untuk perairan Batam masih tenang, ketinggian gelombangnya hanya 0,1 hingga 0,5 Meter saja," ucapnya.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar