Bakamla gandeng Pemkab tingkatkan keamanan di perairan Natuna

id keamanan di natuna, bakamla ri , peningkatan keamanan di natuna, kepala bakamla ri, aan kurnia,bupati natuna, wan siswan

Bakamla gandeng Pemkab tingkatkan keamanan di perairan Natuna

Penandatanganan nota kesepahaman antara Bakamla RI dan Pemkab Natuna. ANTARA/HO-Bakamla RI

Batam (ANTARA) - Badan Keamanan Laut RI menggandeng Pemerintah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, dalam peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan setempat.

"Saya yakin, dengan adanya kerja sama dan sinergitas ini akan tercipta kolaborasi yang harmonis dalam memperkuat upaya pengamanan wilayah perairan Natuna," kata Sestama Bakamla Laksda TNI S Irawan di Natuna, Selasa.

Penandatanganan nota kesepahaman tentang sinergitas dalam upaya peningkatan keamanan dan keselamatan itu dilakukan terpisah. Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia di Mabes Bakamla RI, sedang Bupati Natuna Wan Siswandi di kantornya, bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Natuna ke-22, 12 Oktober 2021.

Laksda TNI S Irawan menyampaikan, selain terkait kolaborasi harmonis dua pihak, nota kesepahaman itu juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas masyarakat pesisir untuk ikut berpartisipasi dalam keamanan dan keselamatan di laut.

Sinergi itu merupakan bentuk keseriusan Bakamla dalam upaya mengembangkan dan membangun kekuatan melalui Sistem Peringatan Dini (SPD) dibeberapa titik strategis di wilayah Indonesia, khususnya Kabupaten Natuna.



Meskipun secara De Jure Pemkab Natuna tidak memiliki kewenangan di laut, kata dia, namun peran strategis Pemkab Natuna dalam mendukung penyiapan lahan serta pengakomodasian pemenuhan ruang untuk Bakamla merupakan dukungan yang signifikan.

Dalam kesempatan itu, Laksda TNI S Irawan menjelaskan, kerja sama dengan Pemkab Natuna meliputi penyediaan fasilitas infrastruktur berupa lahan dan atau bangunan/kantor serta fasilitas lain untuk mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan setempat.

Lalu pemanfaatan teknologi dan sarana prasarana demi mendukung kelancaran kegiatan peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Natuna.

"Ketiga, pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka mendukung peningkatan pelaksanaan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Natuna," tutur dia.

Kemudian peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang keamanan dan keselamatan laut serta pertukaran informasi di bidang keamanan dan keselamatan laut.



Di tempat yang sama Bupati Natuna Wan Siswandi menyatakan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian hibah barang milik daerah itu merupakan langkah tepat guna menyelaraskan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak dengan prinsip saling menguntungkan sesuai perundang-undangan.

"Besar harapan lahan yang kami hibahkan dapat segera dibangun dan mohon saat perekrutan pegawai Bakamla dapatnya untuk prioritaskan putra daerah Natuna," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE