Samsung akan naikkan harga chip hingga 20 persen

id Samsung,harga chip,Naikkan,kepri

Samsung akan naikkan harga chip hingga 20 persen

Arsip Foto - Logo Samsung Electronics terlihat di gedung kantornya di Seoul, Korea Selatan, Jumat (23/3/2018). ANTARA/REUTERS/Kim Hong-Ji/am.

Jakarta (ANTARA) - Samsung Electronics bersama klien melakukan pembicaraan untuk menaikkan harga pembuatan chip berbasis kontrak hingga 20 persen pada tahun ini, menurut laporan Bloomberg yang dikutip dari Reuters, Sabtu.

Menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut, langkah itu mungkin akan diterapkan mulai paruh kedua tahun ini, guna menutupi kenaikan biaya bahan dan logistik.

Harga chip berbasis kontrak kemungkinan akan naik sekitar 15 hingga 20 persen, tergantung pada tingkat kecanggihannya. Chip yang diproduksi pada node lama kemungkinan akan mengalami kenaikan yang lebih besar.

Hingga saat ini, Samsung menolak memberikan komentar.

Diketahui, Samsung merupakan produsen chip berbasis kontrak terbesar kedua di dunia setelah Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC).

TSMC telah memperkirakan lonjakan hingga 37 persen dalam penjualan kuartal saat ini dan memperkirakan kapasitas chip tetap sangat sempit di tengah krisis chip global, sehingga pesanan penuh dan memungkinkan pembuat chip mematok harga yang lebih tinggi.

Pada April lalu, Samsung juga mengatakan bahwa permintaan lebih besar dari kapasitas yang tersedia dan kekurangan pasokan diperkirakan akan terus berlanjut.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE