Ini empat kebiasaan buruk penyebab baterai ponsel bocor

id baterai ponsel,baterai ponsel bocor,baterai bocor,samsung

Ini empat kebiasaan buruk penyebab baterai ponsel bocor

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Baterai ponsel kerap menjadi persoalan manakala cepat habis. Banyak aktivitas menjadi tertunda akibat baterai cepat kehabisan daya. 

Pengguna ponsel pun terpaksa melakukan berbagai cara agar baterai terisi kembali. Namun itu tidak cukup membantu bila baterai ponsel tersebut sudah rusak.
Dari berbagai pengalaman, hal-hal sepele terkadang menyebabkan baterai ponsel bocor, yang akhirnya cepat habis (drop) meski sudah diisi ulang 100 persen.

Samsung Electronics Indonesia, dalam siaran pers, Sabtu, membeberkan empat kebiasaan buruk yang menyebabkan baterai ponsel bocor. Apa sajakah itu? 

Pertama, kesalahan saat mengecas ponsel yakni menggunakan ponsel saat sedang diisi daya. Aktivitas ini bisa membuat perangkat panas. Bahkan baterai rusak bila dilakukan terus menerus. Sebaiknya, aktivitas ponsel dikurangi saat sedang isi daya. Namun jika tidak sabar menunggu ponsel yang dicas, pilih ponsel yang memiliki teknologi pengisian daya cepat (fast charging).

Samsung juga melihat mengisi daya sampai 100 persen ternyata kurang tepat, tidak baik bagi usia paterai. Meengisi daya ketika baterai ponsel berada di angka 30 persen dan berhenti di kisaran 80 sampai 85 persen.
Nyalakan fitur "protect battery" untuk membatasi pengecasan sampai 85 persen.

Kedua, pasang aplikasi sembarangan, sehingga mempengaruhi kinerja ponsel. Apa yang harus dilakukan? Unduh aplikasi hanya dari tempat yang resmi karena aplikasi tidak resmi bisa saja memiliki fitur yang bisa menyedot daya baterai.

Jangan lupa pula nyalakan fitur Power Saving untuk menghemat konsumsi baterai dan Adaptive Battery supaya perangkat bisa menyesuaikan konsumsi daya dengan pola penggunaan. 

Ketuga, membuka banyak aplikasi secara bersamaan bisa membuat baterai cepat habis karena banyak mengonsumsi daya. Sebaiknya, tutup saja aplikasi yang tidak digunakan melalui task manager. 

Keempat, pakai model gelap (dark mode). Ini merupakan andalan untuk menghemat daya baterai terutama pada ponsel layar AMOLED. Ketika menampilkan warna hitam, layar AMOLED akan mematikan piksel sehingga konsumsi daya dari layar berkurang.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Empat kesalahan penyebab baterai ponsel bocor

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE