Direktur Pemberitaan: Berita ANTARA harus mengandung 3E+1N

id Direktur pemberitaan antara,kepri

Direktur Pemberitaan: Berita ANTARA harus mengandung 3E+1N

Tangkapan layar Direktur Pemberitaan LKBN Antara Akhmad Munir dan Koordinator PSO Rini Utami berfoto bersama tim Biro Kepri, Kamis (26/5). (ANTARA/ Teguh Prihatna)

Tanjungpinang (ANTARA) - Direktur Pemberitaan LKBN Antara Akhmad Munir mengingatkan wartawan Biro Kepulauan Riau untuk membuat produk jurnalistik yang mengandung unsur dari 3N+1N, yaitu educating (mendidik), enlightening (mencerahkan), empowering (memberdayakan), dan nationalism (kebangsaan NKRI).

"Berita ANTARA itu harus mendidik dan mencerahkan pembaca. Berita ANTARA diharapkan memberi solusi terhadap suatu permasalahan, bukan justru menjadi provokator," kata Akhmad Munir saat rapat hybird dengan personel Biro Kepri di Batam, Kamis.

Terkait dengan berita yang nasionalis, ia menegaskan, pewarta ANTARA Kepri yang berada di garda terdepan daerah perbatasan harus lebih berhati-hati dalam menulis berita, terutama menyangkut kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan negara-negara tetangga.

Ia menyebut Kepri khususnya isu-isu tentang Natuna sangat menarik perhatian nasional hingga dunia internasional, karena pulau terluar Indonesia itu dengan kekayaan alamnya kerap menjadi rebutan sejumlah negara.

Baca juga:
LKBN ANTARA tanda tangani MoU dengan LPP TVRI di Batam

Dua penyebar hoaks foto korban pemanahan di Mataram terancam 6 tahun bui


"Kepri berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia. Maka sudah menjadi tugas ANTARA untuk menjaga hubungan baik antarnegara yang selama ini sudah terjalin baik," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Dirpem Akmad Munir mengapresiasi kerja keras Tim ANTARA Biro Kepri, terutama dalam hal menjalankan kewajiban melayani publik melalui pemberitaan (PSO).

"Kepri sangat membantu kami dalam mengejar target berita PSO sehingga pada tahun 2021 capaiannya bisa maksimal," kata Dirpem.

Selanjutnya, Dirpem menyemangati Tim ANTARA Biro Kepri supaya meningkatkan kinerja tahun 2022, sehingga target pemberitaan PSO dapat terealisasi 100 persen.

Sementara itu, Koordinator PSO LKBN ANTARA Rini Utami menyampaikan mengapresiasi Tim ANTARA Biro Kepri yang bekerja keras memproduksi produk jurnalistik. 

"Kita apresiasi kerja keras teman-teman. Tetap semangat," kata Rini.

Baca juga:
Telaah - Makna "Jendela Dunia" di perbatasan

Tahun ini Pemprov Kepri targetkan pertumbuhan ekonomi naik 5 persen

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE