Bakamla RI gelar latihan pertahanan dan keamanan laut di Batam

id Bakamla RI,Pertahanan dan keamanan laut,Kepri

Bakamla RI gelar latihan pertahanan dan keamanan laut di Batam

Personel Bakamla RI zona barat sedang melakukan pelatihan (ANTARA/Ho-Humas Bakamla RI)

Batam (ANTARA) - Bakamla RI menggelar latihan pertahanan dan keamanan laut bagi puluhan personel zona barat di Batam Kepulauan Riau. 

“Pelatihan yang digelar Kantor Kamla Zona Maritim Barat ini, merupakan pelatihan yang kedua kalinya digelar semenjak tahun 2021 dan akan menjadi agenda rutin tahunan dari Bakamla RI Zona Maritim Barat dalam hal peningkatan kemampuan personel untuk menjalankan tugas ke depan,” ujar Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Batam Kepulauan Riau, Selasa (14/6).

Hadi menjelaskan, pelatihan diikuti oleh puluhan personel dari pengawakan kapal, Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Pangkalan Batam, Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) dan Stasiun Bumi (SB) yang berada di wilayah kerja Zona Maritim Barat.

 

“Pelaksanaan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada personel Bakamla dalam melaksanakan tugas operasi keamanan dan keselamatan di laut, baik secara teori maupun praktek terutama dalam prosedur pemeriksaan dan penyelaman,” kata Hadi.

 

Untuk materi latihan pertahanan dan keamanan laut yang akan diberikan, mencakup pengetahuan perbaikan mesin ringan, pengetahuan pemeriksaan kapal dan pengetahuan penyelaman.

 

Pelatihan berlangsung selama sembilan hari sejak tanggal 13 sampai 21 Juni 2022. Untuk materi perbaikan mesin ringan, Zona Maritim Barat mendatangkan instruktur langsung dari teknisi Yamaha Marine Jakarta. Sedangkan untuk materi VBSS dan dasar penyelaman mendatangkan instruktur dari Lanal Batam dan Lantamal IV Tanjung Pinang.

 

“Saya berpesan kepada seluruh peserta agar melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh, perhatikan dengan seksama pembelajaran yang disampaikan oleh narasumber atau instruktur, perhatikan keamanan dan keselamatan selama mengikuti pelatihan,” ucapnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE