Bakamla resmikan pusat pelatihan maritim VBSS di Batam

id Bakamla RI,Pusat pelatihan maritim,Batam,Kepri

Bakamla resmikan pusat pelatihan maritim VBSS di Batam

Kepala Bakamla RI bersama Regional Program Coordinator Maritime Crime Program Asia Tenggara dan Pasifik melakukan penadatanganan prasasti. (ANTARA/HO-Humas Bakamla RI)

Batam (ANTARA) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia meresmikan Pusat Pelatihan Fasilitas Maritim “Visit, Board, Search and Seizure (VBSS)” di Kantor Pangkalan Armada Batam.

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia mengatakan ke depan Bakamla akan menjadikan program pelatihan VBSS yang komprehensif sebagai kegiatan rutin dan menjadikannya sebagai pusat latihan bersama.

"Nanti dari K/L lain dapat menggunakan sarana dan prasarana pelatihan yg ada di Batam,” ujarnya dari keterangan tertulis yang diterima Antara di Batam Kepulauan Riau, Jumat.

Baca juga:
Satu orang meninggal dalam kebakaran kapal di perairan Karimun

Kepala Bakamla beberkan kondisi Laut China Selatan dalam kuliah umum di UNPAD

 

Aan menjelaskan fasilitas pelatihan maritim ini berupa modul kontainer ruang kelas untuk pelatihan tim VBSS yang dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan pelatihan terkoordinasi VBSS berskala internasional.
 

“Fasilitas pelatihan maritim ini merupakan wujud kerjasama dan komitmen yang kuat antara Bakamla RI dan UNODC (Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa Urusan Narkoba dan Kejahatan, red) dalam menyiapkan dan membangun kapasitas untuk menghadapi berbagai ancaman maritim,” katanya.

Regional Program Coordinator Maritime Crime Program Asia Tenggara dan Pasifik Shanaka Jayasekara menambahkan, dia berharap bahwa Pusat Pelatihan Fasilitas Maritim ini akan menjadi pusat fasilitas latihan regional untuk Tim VBSS.

"Kami sangat senang berpartner dengan Bakamla RI yang merupakan Coast Guard (Pasukan Penjaga Pesisir dan Laut) dari negara kepulauan terbesar di dunia untuk membangun fasilitas pelatihan maritim di Batam,” ucapnya.

Baca juga:
Menko Bidang Perekonomian resmikan pengelolaan Bandara Hang Nadim

Kementerian Kominfo bangun Pusat Data Nasional kedua Indonesia di Batam

 

Diberitakan sebelumnya bahwa, tahun ini Bakamla dan UNODC tengah menyelenggarakan program pelatihan terkoordinasi VBSS internasional. Pelatihan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut di Batam.*
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bakamla RI resmikan pusat pelatihan maritim VBSS di Batam
Pewarta :
Editor: Yuniati Jannatun Naim
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE