Dokter: Konsumsi pil kontrasepsi bikin suasana hati lebih baik

id pil KB,depresi,Keluarga Berencana

Dokter: Konsumsi pil kontrasepsi bikin suasana hati lebih baik

Ilustrasi Pil KB (shutterstock) (/)

Sebenarnya, penggunaan kontrasepsi itu bisa membantu meregulasi mood
Jakarta (ANTARA) - Pil kontrasepsi ternyata berdampak positif bagi pengonsumsinya, terutama dalam memperbaiki suasana hati.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr. Beeleonie, BMedSc, SpOG-KFER di Jakarta, Selama malam, mengatakan konsumsi pil kontrasepsi hormonal dapat membantu meregulasi mood atau suasana hati menjadi lebih baik.

"Sebenarnya, penggunaan kontrasepsi itu bisa membantu meregulasi mood," kata Bee.

Menurut dia, pasien yang biasanya premenstrual syndrome atau PMS-nya berat hingga menyebabkan depresi, justru menggunakan pil kontrasepsi hormonal terutama dalam bentuk pil kontrasepsi kombinasi. Hal itu justru membuat mood swing-nya menjadi semakin baik.

Saat PMS terjadi pengurangan kadar hormon estrogen akan mempengaruhi kerja serotonin. Padahal, serotonin merupakan hormon penting yang berfungsi mengatur suasana hati.

"Hormon estrogen yang drop saat menstruasi bisa menyebabkan depresi, sama dengan ketika pascamelahirkan," jelas Bee.

Mengonsumsi pil KB hormonal merupakan pilihan untuk menambah kadar estrogen dalam tubuh sehingga kerja serotonin menjadi normal kembali. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan kontrasepsi hormonal juga bisa menyebabkan berbagai efek samping yang perlu diperhatikan.




"Jadi kita lihat dulu kondisi pasiennya seperti apa, cocoknya pakai kontrasepsi yang bagaimana. Jadi jangan ikut-ikutan teman saat memilih kontrasepsi. Harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan." pungkasnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter: Penggunaan pil kontrasepsi bantu regulasi suasana hati

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE