Dinkes Kepri sebut kinerja rumah sakit di Anambas perlu ditingkatkan

id Dinkes, Kepri, kinerja rumah sakit,Anambas, perlu ditingkatkan

Dinkes Kepri sebut kinerja rumah sakit di Anambas perlu ditingkatkan

Rumah Sakit Tarempa berada di bibir laut Perairan Siantan, salah satu pulau terluar di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. ANTARA/Nikolas Panama

Tanjungpinang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Muhamad Bisri berpendapat kinerja rumah sakit di Kabupaten Kepulauan Anambas perlu ditingkatkan melalui penguatan sumber daya manusia dan peralatan kesehatan.

"Jadi ada dua poin penting yang perlu dilakukan segera yakni penambahan jumlah tenaga kesehatan dan peralatan kesehatan yang cenderung dibutuhkan pasien," kata Bisri yang dihubungi dari Tanjungpinang, Kamis.

Bisri mengemukakan Rumah Sakit Tarempa, yang berada di pusat Pemerintahan Anambas perlu mendapat perhatian serius. Dokter spesialis seperti anak, penyakit dalam, syaraf dan kandungan dibutuhkan. Selain itu, tenaga kesehatan untuk pemasangan infus juga perlu ditambah.

"Penambahan tenaga kesehatan dan dokter spesialis harus diiringi dengan peningkatan peralatan medis," ujar Bisri, yang sejak beberapa hari lalu berada di Tarempa, Anambas.

Bisri mengemukakan kapasitas Rumah Sakit Tarempa perlu ditingkatkan sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat berjalan optimal. Selain itu, pihak rumah sakit juga harus membangun kerja sama dengan rumah sakit lainnya di Batam, Tanjungpinang dan Jakarta sehingga tidak kesulitan untuk merujuk pasien yang tidak dapat ditangani.

"Kami sudah memberikan pengarahan. Kami berharap Rumah Sakit Tarempa dapat ditingkatkan segera dari Tipe D menjadi Tipe C," ucapnya.

Ia juga mengingatkan pihak rumah sakit tersebut untuk membenahi alur pelayanan kesehatan sehingga pesien dapat ditangani secara maksimal.

"Alur pelayanan kesehatan dari awal harus jelas sehingga tergambar pola penanganan kesehatan," tuturnya.

Selama ini, menurut dia Pemerintah Kepri kerap membantu Rumah Sakit Tarempa dalam meningkatkan pelayanan, seperti penyediaan peralatan kesehatan.

"Kami mengirim peralatan kesehatan yang dibutuhkan. Tentu itu disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan kami," katanya.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE