Dinkes Batam imbau masyarakat waspada influenza saat pancaroba

id kepri,batam,ILI,dinkes,pancaroba

Dinkes Batam imbau masyarakat waspada influenza saat pancaroba

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Batam, Melda Sari (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau mengimbau masyarakat mewaspadai wabah penyakit influenza atau "influenza like illness" (ILI) saat musim pancaroba.

"Karena faktor cuaca sangat berpengaruh terhadap influenza, demikian juga DBD, pasti sangat berpengaruh. Tetap harus dari pengawasan diri sendiri, mulai dari imun sampai ke asupan sehari-hari," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Batam, Melda Sari di Batam, Selasa.

Lebih lanjut Melda mengatakan terjadinya penularan influenza melalui droplet juga disebabkan imunitas tubuh yang menurun akibat kelelahan.

"Tertularnya dari droplet. Kalau tubuh kita capek jadi bisa masuk (penyakit influenza)," ujar dia.

Secara klinis, Influenza-Like Illness (ILI) didefinisikan sebagai infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) oleh virus dengan gejala utama batuk kering, demam (sekitar 38,5°C), rasa lelah berlebihan dan dapat disertai gejala lainnya, seperti nyeri otot (myalgia), meriang, demam, sakit kepala, sakit tenggorokan.

Sementara itu, pakar epidemiologi, Asep Zaenal Mustofa mengatakan secara umum ILI memiliki gejala mirip dengan influenza seperti batuk pilek dan demam, namun lebih ringan dan lebih cepat sembuh.

"Karena gejala yang lebih ringan, maka perlu istirahat yang cukup dan minum obat-obatan yang bersifat mengurangi gejala. Memperbanyak minum air putih dapat mempercepat pemulihan dari penyakit ini," kata Asep.

Menurut Asep, ILI biasanya pada saat pancaroba tersebut sehingga masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan menjaga kesehatan dengan perbanyak istirahat.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE