Satu ton bumbu rendang Sumbar diekspor ke Norwegia

id Ekspor bumbu rendang ke norwegia, ekspor rendang ke islandia,todung mulya lubis,mahyeldi,emmy jargensen

Satu ton bumbu rendang Sumbar diekspor ke Norwegia

Gubernur Sumbar Mahyeldi saat melepas ekspor bumbu rendang ke Norwegia. ANTARA/Miko Elfisha.

Padang (ANTARA) -
Satu ton bumbu rendang dan kalio diekspor oleh Koperasi Wanita Ikaboga di Padang, Sumatera Barat ke Norwegia dan Islandia.
 
"Ini adalah ekspor yang kedua untuk bumbu rendang ke Eropa dan yang pertama untuk Koperasi Ikaboga. Kami mendukung penuh upaya untuk memasarkan produk Sumbar ke berbagai negara," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi saat melepas ekspor di Padang, Senin.
 
Sebelumnya ekspor rendang juga dilakukan ke Jerman yang difasilitasi oleh diaspora Minang di negara Eropa tersebut. Kali ini ekspor bumbu rendang dan kalio ke Norwegia juga difasilitasi oleh pengusaha Sumbar di Eropa yaitu Emmy Jorgensen.
 
"Sumbar sangat beruntung memiliki banyak diaspora di berbagai negara di dunia yang sangat peduli dengan perkembangan kampung halaman bahkan bersedia bersusah payah memasarkan produk khas Sumbar di Eropa," ujarnya.
 
Mahyeldi menyebutkan biaya yang dikeluarkan dalam pengurusan ekspor bumbu rendang ke Norwegia tersebut akan ditanggung oleh Pemprov Sumbar sebagai bentuk kepedulian dan dukungan pemerintah daerah pada UMKM.
 
Duta Besar Indonesia untuk Norwegia dan Islandia, Todung Mulya Lubis melalui sambungan zoom meeting mengapresiasi ekspor bumbu rendang yang pernah ditetapkan sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN tersebut.
  
 
 
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE