Petugas ambil sampel ratusan sapi di Bintan usai vaksinasi PMK

id Pengambilan sampel sapi,Petugas ambil sampel ratusan hewan sapi di Bintan,sampel ratusan sapi di Bintan usai vaksinasi P

Petugas ambil sampel ratusan sapi di Bintan usai vaksinasi PMK

Petugas kesehatan mengambil sampel sapi di Kabupaten Bintan, Kepri, usai program vaksinasi PMK, Jumat (21/10). (ANTARA/HO-Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bintan)

Bintan (ANTARA) - Petugas mengambil sampel ratusan hewan ternak sapi di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) dalam rangka untuk melakukan evaluasi atas pelaksanaan program vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah setempat.

"Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bintan bekerja sama dengan Balai Veteriner Bukittinggi Kementerian Pertanian melakukan pengambilan sampel darah pada hewan ternak sapi yang telah divaksinasi PMK," drh Iwan Berri Prima selaku Pejabat Otoritas Veteriner Bintan, Minggu.

Menurutnya kegiatan pengambilan sampel dilakukan guna monitoring efektifitas program usai vaksinasi PMK, yakni untuk mengetahui titer Antibody atau kekebalan hewan setelah divaksinasi PMK.

Kegiatan itu, kata dia, dilakukan sejak Senin 17 Oktober 2022 hingga Jumat 21 Oktober 2022. Selain itu, pengambilan sampel juga dilaksanakan untuk memastikan ada tidaknya bibit kuman penyakit PMK pada hewan ternak di Bintan.

"Untuk menguji hal ini, sampel yang diambil adalah sampel cairan dengan menggunakan alat probang, yakni pengambilan sampel cairan dari area nasofaring pada hewan ternak," ungkapnya.

Ia menyebut jumlah sampel yang diambil adalah sampel darah hewan sapi sebanyak 180 sampel dan sampel probang sebanyak 50 sampel, yang seluruhnya tersebar di lima kecamatan, yakni kecamatan Bintan Timur, Gunung Kijang, Toapaya, Teluk Bintan dan Teluk Sebong.

Dia menyampaikan bahwa sampel-sampel yang telah berhasil diambil, selanjutnya akan dibawa dan diperiksa di Laboratorium Kesehatan Hewan, Balai Veteriner Bukittinggi di Sumatera Barat.

"Semoga dengan pengambilan sampel ini, Bintan tetap dinyatakan sebagai daerah zona hijau PMK dan vaksinasi yang telah dilaksanakan mampu menunjukkan kekebalan tubuh yang baik, mampu melindungi dan bermuara pada sehatnya hewan rentan PMK yang ada di Bintan," ucapnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE