Satgas COVID-19 tetapkan Kepri PPKM Level 1

id satgas,kepri,ppkm level 1

Satgas COVID-19 tetapkan Kepri PPKM Level 1

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tjetjep Yudiana (Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1
di Provinsi Kepulauan Riau untuk mencegah penularan Omicron XBB, subvarian COVID-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tjetjep Yudiana di Tanjungpinang, Selasa, mengatakan aktivitas masyarakat tidak dibatasi selama pelaksanaan PPKM Level 1, namun diperketat dalam penerapan protokol kesehatan di tempat keramaian.

"Seluruh pelabuhan dan bandara wajib menerapkan protokol kesehatan, termasuk menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan," katanya.

Mantan Kadis Kesehatan Kepri itu mengemukakan petugas Satgas Penanganan COVID-19 Kepri juga meningkatkan kembali tes usap, penelurusan orang-orang yang kontak erat dengan pasien, dan perawatan terhadap pasien bergejala.

Untuk meningkatkan kualitas pemeriksaan terhadap orang-orang yang kontak erat dengan pasien COVID-19, maka Satgas Penanganan COVID-19 meningkatkan koordinasi dengan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit Kelas I Batam.

Selama ini, menurut dia, para peneliti di Laboraturium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kelas I Batam berperan aktif meneliti sampel dari hasil tes usap dengan metode PCR.

"Omicron XBB tidak terdeteksi dengan menggunakan tes usap dengan metode antigen. Karena itu, perlu dilakukan tes usap dengan metode PCR," ujarnya.

Tjetjep mengimbau warga untuk segera vaksinasi COVID-19 selagi persediaan vaksin mencukupi. Vaksin ini harus digunakan tepat waktu agar tidak terbuang sia-sia karena kadaluwarsa.

Saat ini, capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 1.789.577 orang atau 99,27 persen, dosis kedua 1.536.451 orang atau 85,23 persen, dosis ketiga 743.745 orang atau 54,15 persen, dan booster kedua untuk tenaga kesehatan 7.755 orang atau 54,92 persen.

Tjetjep mengungkapkan jumlah kasus aktif COVID-19 di Kepri mencapai 107 orang, meningkat 200 persen dibanding kondisi dua pekan lalu. Kasus aktif COVID-19 di Kepri tersebar di Batam 78 orang, Tanjungpinang lima orang, Kabupaten Karimun delapan orang dan Kabupaten Bintan 16 orang.

"Kalau dua pekan lalu penambahan kasus aktif tidak mencapai lima orang per hari, dengan jumlah pasien yang sembuh jauh lebih banyak. Kalau sekarang jumlah pasien yang tertular COVID-19 mencapai belasan orang per hari," katanya.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE