Kepri raih penghargaan implementasi QRIS terbaik se-Sumatera

id Kepri raih penghargaan BI

Kepri raih penghargaan implementasi QRIS terbaik se-Sumatera

Gubernur Kepri Ansar Ahmad serta sejumlah kepala daerah menerima penghargaan pada ajang BI Award 2022 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Rabu (30/11). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Kepri)

Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menerima penghargaan di ajang Bank Indonesia (BI) Award 2022 karena berhasil membawa daerahnya sebagai provinsi dengan implementasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) terbaik se-wilayah Sumatera.

Gubernur Ansar menyebut keberhasilan ini tidak lepas dari upaya Pemprov bersama BI serta stakeholder terkait untuk terus menggesa upaya digitalisasi di daerah dalam rangka menyongsong era Society 5.0.

"QRIS ini sebagai bentuk digitalisasi transaksi menjadi dasar atas digitalisasi lain sebagai persiapan menuju perubahan menjadi Society 5.0, di mana sejumlah besar informasi dari sensor wilayah fisik diakumulasikan ke dalam wilayah maya," kata Gubernur Ansar usai menerima penghargaan di Tanjungpinang, Rabu.

Baca juga:
BI Kepri tingkatkan kapasitas UMKM perkuat ekonomi Kepri 2023

BI catat 416.571 Merchant QRIS di Kepri hingga November 2022


Salah satu contoh nyata Gubernur Ansar dalam menggesa digitalisasi di Kepri adalah meresmikan Pulau Penyengat, pulau historis di Kota Tanjungpinang menjadi Pulau Digital dengan QRIS Bank Riau Kepri (BRK) Syariah pada 9 April 2022.

Dengan demikian, Pulau Penyengat yang terkenal dengan wisata religinya itu menjadi proyek percontohan penggunaan QRIS sebagai alat transaksi.

Sejak diresmikan jadi Pulau Digital, menurut Ansar, segala bentuk transaksi di Penyengat mulai dari ongkos pompong, becak motor, transaksi kuliner hingga oleh-oleh diutamakan menggunakan QRIS.

"Loket pembayaran pompong, penambang becak motor, hingga kios makanan dan oleh-oleh sudah kita lengkapi dengan QR Code QRIS," jelas Ansar.

Baca juga:
Pemkot ajak seluruh instansi jadikan Batam kota layak anak

Pemkot Tanjungpinang dan BKKBN luncurkan dapur sehat guna atasi stunting


Sementara itu, Anugerah BI Awards 2022 sendiri merupakan rangkaian acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2022 dengan tema "Sinergi dan Inovasi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Menuju Indonesia Maju". Presiden RI Joko Widodo hadir langsung memberikan arahan dalam acara tersebut.

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa seluruh lapisan mitra strategis pemerintah harus selalu mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi dalam menghadapi tahun 2023.

"Kondisi saat ini, seluruh negara sedang kesusahan. Menghadapi pandemi, inflasi, dampak perselisihan Rusia dan Ukraina, sehingga segala sesuatu tidak dapat diperkirakan secara konkret untuk itu di tahun 2023, saya tekankan kita harus selalu optimistis tetapi segalanya harus hati-hati dan selalu waspada," kata Presiden.

Selain Gubernur Kepri, ada empat kepala daerah lain yang juga mendapatkan penghargaan kategori yang sama, yakni Pemprov DI Yogyakarta terbaik untuk wilayah Jawa, Pemprov Bali terbaik untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Pemprov Kalimantan Timur terbaik untuk Wilayah Kalimantan, dan Pemprov Sulawesi Utara terbaik untuk Wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Baca juga:
Pemprov Kepri berdayakan sarjana perikanan tingkatkan budidaya ikan

Pemkot Batam catat penggalangan dana gempa bumi Cianjur capai Rp205 juta

Bawaslu Kepri sosialisasi penyelesaian sengketa pemilu

Pemkot Batam sediakan 37 pelatihan tenaga kerja pada 2023

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE