Pemprov Kepri berikan bantuan alat tangkap bagi nelayan di Natuna

id Natuna, Kepri, Bantuan nelayan

Pemprov Kepri berikan bantuan alat tangkap bagi nelayan di Natuna

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad (tengah) saat menyerahkan bantuan kapal kepada Koperasi Nelayan Natuna di Kelarik, Bunguran Utara, Natuna, Selasa (10/1). (FOTO ANTARA/Cherman)

Tanjungpinang, Kepri (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) telah memberikan bantuan alat tangkap ikan bagi para nelayan di Kabupaten Natuna.

"Bantuan yang kita serahkan berasal dari APBD Provinsi Kepulauan Riau, sebelumnya juga kita telah memberikan bantuan pertanian," kata Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad dalam pernyataan di Tanjungpinang, Rabu (11/1) 2023.

Ia menyerahkan bantuan kepada nelayan di Desa Kelarik, Bunguran Utara, Natuna, Selasa (10/1).

Adapun bantuan yang telah diserahkan senilai Rp397 juta dengan jenis bantuan berupa GPS 28 unit, Cool Box 220L 50 buah, Solar Sell 60 unit, Pompong 5GT 5 unit dan Kawat Bubuh dengan jumlah penerima sebanyak 90 orang.

"Ini dalam rangka mendorong ekonomi kita agar selalu eksis dalam menghadapi krisis ekonomi pada saat ini, APBD banyak diarahkan untuk melakukan penguatan pondasi ekonomi di daerah masing-masing," ujarnya.

Baca juga:
Warga Tanjung Kumbik Natuna mulai gunakan listrik program BPBL

Gubernur Ansar resmikan Dermaga Apung Sedanau


Ia juga menyampaikan kepada masyarakat setempat program Pemprov Kepri yang telah dilaksanakan diantaranya adalah pengadaan kapal roro baru senilai Rp98 miliyar yang akan ada pada tahun ini melayari rute Kepulauan Natuna.

Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa pemrov telah menyediakan rumah singgah di Jakarta bagi pasien rujukan yang ada dari Kepri.

"Rumah singgah ini seperti Hotel ada 40 tempat tidur, ada ambulans dan makan kami siapkan, semoga yang sakit segera sembuh dengan kenyamanan fasilitas tersebut," katanya.

Selain di Jakarta, juga tersedia rumah singgah di Sekupang, Batam. Menurutnya, itu merupakan kebutuhan penting dan mendasar bagi masyarakat.

"Mari masyarakat manfaatkan rumah singgah yang ada," katanya.

Selain bidang kesehatan, bantuan juga diberikan kepada penggiat usaha kecil menengah berupa modal usaha melalui Bank Riau Kepri tanpa bunga.

"Bunga ditanggung pemerintah provinsi, kita siapkan Rp20 miliar untuk 2000 UMKM. Silahkan pinjam modal ini untuk membesarkan UMKM bapak Ibu semua," katanya.

Baca juga:
Pemprov Kepri segera bangun jembatan yang roboh dampak banjir di Natuna

Gubernur Ansar ingatkan pengusaha ikan biayai BPJAMSOSTEK nelayannya


Selanjutnya, Ia juga mengatakan bantuan bagi RT, RW serta kader Posyandu dan lainnya juga akan terus di lanjutkan pada tahun ini.

"Daftarkan kader posyandu kabupaten untuk menerima bantuan Ini, anggota dan Pengurus LPM, para mubaligh, tokoh agama, pendamping keluarga juga akan kita berikan bantuan," katanya menjelaskan.

Pemprov Kepri telah melaksanakan pembangunan Dermaga Sedanau, rehabilitasi rekolah, penyambungan listrik bagi 7000 keluarga serta 17 titik BTS Telkomsel juga dalam proses pembangunan.

"Jaringan Telekomunikasi di Natuna harus seperti Batam, akses internet harus lancar di Kepri," ujarnya.

Pihaknya telah menempatkan 50 orang para Ustad bertugas di wilayah masing - masing agar bisa menjaga toleransi antar umat beragama di Kepri.

"Bapak Ibu harus yakin, Kepri akan maju dan berkembang nantinya. Allah SWT tidak Tidur, bekerja lah dengan baik dan selalu beribadah dan berdoa kepada Allah SWT," demikian Ansar Ahmad.

Baca juga:
Gubernur Ansar resmikan jalan Trans Batubi - Kelarik di Natuna

Kapal Bahtera Nusantara 01 kembali berlayar rute Bintan ke Natuna

Tim SAR hentikan sementara pencarian ABK KM Bahagia Natuna yang hilang

Dinkes Natuna awasi penjualan jajanan di lingkungan sekolah

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE