Lanal Ranai sumbang 43 kantong darah ke UTD RSUD Natuna

id Natuna, kepri, lanal ranai, pmi, donor darah

Lanal Ranai sumbang 43 kantong darah ke UTD RSUD Natuna

Kegiatan donor darah oleh Lanal Ranai di Mess Djiptadi, Ranai, Natuna, Kepri, Selasa (24/1/2023). ANTARA/HO-Dispen Lanal Ranai

Natuna (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai menyerahkan 43 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Natuna yang sempat kosong tak ada stok darah.

"Dari seluruh peserta donor darah dapat diambil 43 kantong terdiri dari golongan darah A jumlah 8 kantong, golongan darah B jumlah 9 kantong, golongan darah O jumlah 22 kantong dan golongan darah AB jumlah 4 kantong yang semuanya di serahkan ke Unit Transfusi Darah RSUD Natuna," kata Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I melalui keterangan tertulis yang diterima di Natuna, Selasa.

Ia mengatakan, sumbangan darah tersebut dilakukan bertepatan dengan kegiatan Donor Darah dalam rangka peringatan HUT ke - 77 Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) tahun 2023.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak Vidoe Conference dengan Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpus Pomal) Laksamana Muda TNI Edwin, bersama jajaran di bawahnya di seluruh wilayah Indonesia.

Ia juga mengatakan, kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan secara serentak di lingkungan TNI Angkatan Laut di seluruh daerah mulai dari Armada, Lantamal dan Lanal.

"Ini menjadi momen tepat untuk membantu sesama yang membutuhkan dalam masa pemulihan akibat pandemi," katanya.

Kegiatan tersebut, menurutnya merupakan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam kutipannya "Jaga Soliditas TNI dan perkokoh Sinergitas dengan Polri, Kementerian atau Lembaga dalam pelaksanaan tugas".

"Kegiatan donor darah diikuti oleh Prajurit Lanal Ranai, Ketua dan Pengurus Jalasenastri Cabang 8 Korcab IV DJA I, Satgas Kompi Komposit Marinir, Denhanud 477 Kopasgat, Kodim 0318/ Natuna, Subdenpom 103, Satpom Lanud RSA, Yon Komposit I / GP, Polsek Bunguran Timur, Basarnas/ Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna serta Tenaga Medis Balai Kesehatan Lanal Ranai dan UTD RSUD Natuna," katanya.

Sementara, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Natuna, Suhelmi membenarkan jika persediaan darah di UTD RSUD Natuna telah kehabisan stok.

"Kita memang telah kehabisan stok sejak kemarin, alhamdulillah dapat bantuan hari ini, kemarin stok untuk darah golongan O pun kita tidak ada lagi, padahal O paling banyak biasanya," katanya mengungkapkan.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Lanal Ranai beserta jajaran karena telah melaksanakan kegiatan donor darah dan membantu tersedianya darah di UTD RSUD Natuna.

"Terima kasih juga bagi semua yang telah terlibat, ini dapat membantu saudara kita yang saat ini sedang membutuhkan," kata Suhelmi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Stok darah kosong, Lanal Ranai sumbang 43 kantong darah

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE