BKKBN Kepri buka pelayanan KB gratis di Kampung Belian Batam

id Pelayanan KB gratis

BKKBN Kepri buka pelayanan KB gratis di Kampung Belian Batam

Deputi KSPK BKKBN RI Nopian Andusti bersama Kepala Perwakilan BKKBN Kepri Rohima meninjau pelayanan KB gratis di Kampung Belian, Kota Batam, Kamis (2/2/2023). (ANTARA/HO-BKKBN Kepri).

Batam (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Kepulauan Riau (BKKBN Kepri) membuka pelayanan keluarga berencana (KB) gratis di Kampung Belian, Kota Batam.

"Ini upaya percepatan pelayanan KB yang dilaksanakan oleh faskes-faskes yang sudah terdaftar sebagai faskes yang melayani KB,” kata Kepala BKKBN Kepri Rohina dalam keterangan tertulis di Batam, Jumat (3/2).

Rohina mengatakan Pelayanan KB yang dilaksanakan itu dalam rangka kunjungan Kepala BKKBN Pusat yang diwakili oleh Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Nopian Andusti.

Pelayanan KB gratis tersebut juga salah satu langkah percepatan penyerapan anggaran penggerakan KB melalui dana Dana Alokasi Khusus (DAK) Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) kabupaten/ kota.

“Harapannya dengan kegiatan ini, kita berupaya di awal tahun sudah ada upaya percepatan tersebut,” ucapnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, pelayanan KB ini juga bagian dari upaya untuk membangun kesadaran masyarakat mengenai pentingnya program KB untuk membangun keluarga berkualitas yang memiliki ketahanan dan sehat.

“Pengendalian angka kelahiran dalam satu keluarga akan berdampak kepada penurunan prevalensi stunting,” ucap Rohina.

Pelayanan KB gratis itu diikuti oleh akseptor sebanyak 23 orang, dengan rincian Implan 14 orang, IUD 6 Orang dan suntik 3 orang. 

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE