Warga Pulau Tambelan harap Kapal Bahtera Nusantara 03 berlayar

id Warga Pulau Tambelan,bintan,kepri, berharap Kapal Bahtera Nusantara 03 segera berlayar,Tambelan, bahtera Nusantara 03

Warga Pulau Tambelan harap Kapal Bahtera Nusantara 03 berlayar

Kapal Bahtera Nusantara 03 parkir di Pelabuhan Roro Telaga Punggur, Kota Batam. Foto FOTO ANTARA/HO/ Dishub Kepri

Tanjungpinang (ANTARA) - Warga Pulau Tambelan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau berharap Kapal Bahtera Nusantara 03 segera berlayar untuk memperkuat keterhubungan antarpulau di wilayah itu.

Tokoh masyarakat Tambelan Robby Patria di Tanjungpinang, Kamis, mengatakan warga Tambelan yang tinggal di sejumlah pulau di Bintan dan Tanjungpinang membutuhkan Kapal Bahtera Nusantara.

"Warga yang tinggal di Pulau Tambelan juga membutuhkan kapal itu agar dapat mengirim barang dan kendaraan ke Sintete, Kalimantan Barat dan Pulau Bintan," kata dosen di Universitas Maritim Raja Ali Haji itu.

Ia mengemukakan Bahtera Nusantara 03 akan memperkuat pelayaran Bahtera Nusantara 01 yang sejak dua tahun lalu berlayar. Bahtera Nusantara 01 setiap dua pekan sekali singgah ke Pulau Tambelan sebelum melanjutkan pelayaran ke pulau-pulau lainnya di Kabupaten Anambas, Sintete, Kota Batam dan Tanjunguban, Kabupaten Bintan.

"Biasanya dua minggu sekali kapal roro singgah di Tambelan. Dengan adanya Bahtera Nusantara 03, setiap pekan ada kapal roro yang melayani warga," katanya.

Dirinya berharap Kapal Bahtera Nusantara 03 segera beroperasi setelah Kementerian Perhubungan menyerahkan aset tersebut kepada PT ASDP. Apalagi Menteri Perhubungan sudah Budi Karya Sumadi sudah meninjau kesiapan Kapal Bahtera Nusantara 03 di Pelabuhan Roro Telaga Punggur, Batam sekitar dua pekan lalu.

"Saya pikir apa yang dibutuhkan sudah diketahui, tinggal dipenuhi saja sehingga kapal itu dapat berlayar melayani kebutuhan masyarakat Kepri dan Kalimantan Barat," kata Robby Patria.

Kepala Dinas Perhubungan Kepri Junaidi mengaku menerima banyak aspirasi dari masyarakat Bintan terkait pengoperasian Kapal Bahtera Nusantara 03. Ia juga berharap kapal tersebut segera berlayar sehingga dapat meningkatkan konektivitas dan perekonomian masyarakat.

"Aspirasi masyarakat itu sudah kami sampaikan kepada Kemenhub agar diperhatikan," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan kapal yang diproduksi PT Karimun Anugrah Sejati di Batam itu tidak hanya mengangkut penumpang dan kendaraan, melainkan juga kebutuhan pokok masyarakat pesisir.

"Tentu peran kapal ini sangat besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena itu, kami berharap dapat segera beroperasi," katanya.

Kapal yang mengangkut penumpang, barang dan kendaraan tersebut diproduksi Kapal ini dikelola oleh PT ASDP.

Rute pelayaran Kapal Bahtera Nusantara 03 yakni Pelabuhan Tanjung Punggur, Kota Batam menuju Pelabuhan Tanjunguban, Kabupaten Bintan. Selanjutnya, kapal itu berlayar ke Tambelan, Bintan menuju Sintete, Kalimantan Barat.

Kapal Bahtera Nusantara 03 ini memiliki panjang 71,92 meter, lebar 14 meter, dan tinggi 4,6 meter. Kapal itu memiliki kecepatan 15 knot.
Kapal Bahtera Nusantara 03 mampu mengangkut penumpang sekitar 400 orang dan 24 orang awak kapal.

Kapal itu juga mampu mengangkut 14 unit truk besar, 12 unit truk sedang, dan 10 unit kendaraan roda empat.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE