Pemkot Batam: 54 perusahaan ikuti lelang pengadaan sembako murah

id Kepri,batam,sembako,murah ,perusahaan

Pemkot Batam: 54 perusahaan ikuti lelang pengadaan sembako murah

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Gustian Riau, Selasa (21/2/2023), mengatakan pihaknya mencatat ada 54 perusahaan mengikuti proses lelang pengadaan sembako murah di daerah tersebut.

Disampaikannya, saat ini proses lelang sembako murah dalam masa sanggah dan pendistribusian direncanakan pada 6 Maret 2023.

"Pemkot Batam membuka penawaran di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Batam. Sudah dilelang dan buka penawaran ada 54 perusahaan yang ikut," ujar dia.

Ia menambahkan jumlah paket sembako murah yang disiapkan mencapai 96 ribu paket dengan anggaran senilai Rp5,3 miliar.

Harga setiap paket sembako yang berisikan beras 5 kilogram, gula 1 kilogram, dan minyak 2 liter tersebut Rp107 ribu yang kemudian disubsidi Pemkot Batam Rp57 ribu sehingga masyarakat hanya membayar Rp50 ribu per paket sembako.

"Paket sembakonya terdiri dari beras 5 kilogram, 2 liter minyak goreng dan gula 1 kilogram,” katanya.

Sembako tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat menjelang memasuki Ramadhan.

Pihaknya juga telah menyerahkan formulir kepada RT/RW untuk melakukan pendataan sembako murah.

"Kriteria yang mendapat sembako murah cukup hanya KTP Batam saja,” kata Gustian.

Pemerintah Kota Batam menyiapkan anggaran sebesar Rp5,3 miliar untuk pengadaan 96 ribu paket sembako murah yang nantinya bisa dibeli oleh masyarakat.

Ia mengatakan sembako murah merupakan program pemerintah dalam upaya mengendalikan inflasi serta membantu masyarakat menjelang memasuki Bulan Puasa.

Ia mengatakan sembako murah akan didistribusikan pada 6 Maret 2023 atau tiga pekan sebelum memasuki Ramadhan, namun saat ini proses tersebut masih dalam tahap lelang.

"Pendistribusian ditargetkan selesai sebelum Bulan Puasa. Karena ada 12 kecamatan jadi membutuhkan waktu yang cukup panjang. Karena nanti keliling penyerahannya ke kecamatan," ujar Gustian.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE