Ramadhan, melihat shalat tarawih cepat di Pesantren Mambaul Hikam Blitar

id shalat tarawih gerakan cepat blitar,shalat tarawih di blitar

Ramadhan, melihat shalat tarawih cepat di Pesantren Mambaul Hikam Blitar

Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, K.H. Dliya'uddin Azzamzami Zubaidi. ANTARA/ HO-pesantren

Blitar (ANTARA) - Ribuan warga mengikuti shalat tarawih gerakan cepat yang digelar di Pondok Pesantren Mambaul Hikam, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, K.H. Dliya'uddin Azzamzami Zubaidi mengatakan kegiatan shalat tarawih dengan gerakan cepat telah menjadi tradisi Pesantren Mambaul Hikam Blitar selama satu abad lebih.

"Dahulu umat banyak yang menjadi pekerja. Mereka bekerja dari pagi sampai sore, sehingga saat malam mengikuti Shalat Tarawih yang lama mereka tidak mampu. Akhirnya dicarikan solusi dengan shalat tarawih cepat," kata dia di Blitar, Kamis.

Ia menegaskan, kegiatan shalat tarawih cepat dilakukan tanpa mengurangi nilai shalat dan tidak melanggar.

"Seperti yang kami laksanakan bersama, membaca Al Fatihah juga lengkap, membaca surat, tumakninah juga terpenuhi," kata K.H. Dliya'uddin Azzamzami Zubaidi.

Sejarah shalat tarawih gerakan cepat dilakukan oleh pendiri Pondok Pesantren Mambaul Hikam, Kabupaten Blitar,  K.H. Abdul Ghofoer sekitar tahun 1907.

Shalat gerakan cepat di pesantren ini dilakukan hanya untuk shalat tarawih dan shalat witir sejumlah 23 rakaat. Sedangkan, shalat lima waktu gerakannya tidak cepat.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Warga ikuti shalat tarawih cepat di Pesantren Mambaul Hikam Blitar

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE