Gunung Merapi kini punya dua kubah lava, berikut penjelasan BPPTKG

id gunung merapi,merapi erupsi,kubah lava merapi,dua kubah lava gunung merapi

Gunung Merapi kini punya dua kubah lava, berikut penjelasan BPPTKG

Guguran lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Turi, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (13/3/2023). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/nym)

Jakarta (ANTARA) - Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta kini memiliki dua kubah lava aktif dalam satu periode erupsi.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi Santoso mengatakan dua kubah lava aktif itu pertama kalinya dalam sejarah yang terbentuk akibat erupsi sejak 4 Januari 2021 lalu.

"Kami menduga waktu itu akan terjadi erupsi eksplosif atau efusif dengan laju ekstrusi yang tinggi, tetapi kemudian ternyata tidak terjadi yang kami khawatirkan. Fenomena yang terjadi justru munculnya dua kubah lava," kata Agus saat dihubungi melalui sambungan telepon di Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Kedua kubah lava aktif tersebut adalah kubah lava barat daya dan kubah lava tengah kawah.

Agus menjelaskan bahwa Gunung Merapi awalnya hanya memiliki satu kubah lava, yaitu kubah lava tengah kawah yang muncul pascaerupsi pada tahun 2018. Kemudian, erupsi yang terjadi pada 4 Januari 2021, telah membentuk kubah lava barat daya.

Sebanyak dua kejadian erupsi itulah yang membentuk dua kubah lava di Gunung Merapi.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPPTKG jelaskan fenomena pembentukan dua kubah lava di Gunung Merapi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE