400 korban tewas akibat Siklon Mocha di Myanmar

id myanmar,rakhine,sittwe,siklon mocha,bangladesh,cox's bazar,koalisi pembebasan rohingya,nay san lwin,aliansi nasional ara

400 korban tewas akibat Siklon Mocha di Myanmar

Warga berjalan di pantai saat orang-orang berlindung di Tempat Perlindungan Topan selama badai, angin kencang dan hujan lebat, di Cox's Bazar, Bangladesh, 14 Mei 2023. (Anadolu Agency/Zakir Hossain Chowdhury)

Dhaka (ANTARA) - Lebih dari 400 orang tewas di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, setelah Siklon Mocha menerjang wilayah pesisir antara Distrik Cox's Bazar di Bangladesh dan kota kecil Kyaukpyu di Myanmar pada Ahad, demikian menurut Aliansi Nasional Arakan Rohingya (ARNA) pada Rabu.

Dalam sebuah pernyataan, kelompok hak asasi itu mengatakan bahwa desa-desa di tepi pantai ibu kota Rakhine, Sittwe, mengalami kerusakan parah dan lebih dari 400 warganya, mayoritas Muslim, kehilangan nyawa.

Pernyataan itu menambahkan bahwa lebih dari 10 ribu rumah hancur dan jumlah korban tewas diperkirakan akan bertambah.

Pusat Peringatan Topan Gabungan menyebutkan bahwa Siklon Mocha, salah satu badai terkuat yang pernah melanda wilayah itu, memasuki pesisir Rakhine dengan kecepatan angin lebih dari 217 kilometer per jam.

"Di Sittwe, 130 ribu warga etnis Rohingya telah terkurung di kamp-kamp pengungsi, seperti kamp-kamp konsentrasi, sejak 2012. Sebagian besar dari mereka tidak dievakuasi. Salah satu kamp, yang memiliki 380 tempat penampungan, benar-benar hancur diterjang banjir setinggi 30 kaki (sekitar 9 meter)," kata Nay San Lwin, seorang pendiri Koalisi Pembebasan Rohingya kepada Anadolu.

Menurut beberapa sumber, jumlah korban tewas di Sittwe kemungkinan lebih dari 400, tetapi perlu waktu untuk mendapatkan angka yang pasti karena jaringan seluler dan internet di wilayah itu putus.

Bangunan di semua kamp tersebut mengalami kerusakan hingga 90 persen, kata Lwin.

Menurut pernyataan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), ketinggian banjir akibat siklon itu telah meningkat menjadi 2,7 hingga 3 meter di daerah dataran rendah Arakan dan pantai Bangladesh.





Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Myanmar diterjang Siklon Mocha, korban tewas 400 lebih

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE